Kinerja Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Karakter Etika Pergaulan dan Moral Siswa di SMPN 5 Lembar Lombok Barat

Authors

  • Hafsah Hafsah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Yuhri Fulmiati Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1097

Keywords:

Kinerja, Guru, Kewarganegaraan, Membina, Etika, Moral

Abstract

Bangsa yang bijak harus berpikir cerdas untuk jangka panjang bahwa pemegang tongkat estafet bangsa ini adalah anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa. Permasalahan etika dan moral anak bangsa menjadi permasalahan yang sangat mendasar dinegeri ini. Mengatasinya melalui pendidikan melalui orang tua, guru, lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kinerja Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Karakter Etika Pergaulan dan Moral Siswa di SMPN 5 Lembar Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru PPKn, siswa kelas VII, kepala sekolah, dan guru BK. Metode pengumpulan data yang digunakan ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara yang terstruktur. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru pendidikan kewarganegaraan dalam membina etika dan moral siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Lembar terbagi menjadi empat tahapan yaitu kesiapan guru, penerapan model pembelajaran kurikulum K-13, melakukan kerjasama dengan orang tua, dan memberikan pembelajaran spiritual keagamaan melaui imtak dan sholat duha.  Dan faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam membina etika dan moral siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Lembar yaitu faktor pendukung, faktor sikap siswa, faktor keluarga, faktor lingkungan, dan faktor lainnya.

 

The wise nation must think intelligently for the long term that the stick holders of this nation relay are young children as generations of the nation's successors. The ethical and moral problem of the nation is the very fundamental problem of this dynasty. Overcome it through education through parents, teachers, the surrounding environment. This research aims to describe the performance of the citizenship education teacher in developing the character Ethics Association and Moral student in SMPN 5 of West Lombok sheet. The type of research used is qualitative research with a descriptive approach. The research subject is the teacher of PPKn, students of Class VII, principal, and teacher of BK. The data collection methods used are structured methods of observation, documentation, and interviews. Data analysis techniques used are qualitative descriptive through data reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. The results showed that the teacher's performance of citizenship education in building ethical and moral students of class VII in SMP Negeri 5 sheet is divided into four phases namely teacher readiness, application of curriculum learning model K-13, doing cooperation With parents, and give religious-spiritual learning through go and Duha prayers.  And the factors that affect the teacher's performance in building ethical and moral students of class VII in SMP Negeri 5 datasheet are supporting factors, student attitude factors, family factors, environmental factors, and other factors.

Author Biographies

Hafsah Hafsah, Universitas Muhammadiyah Mataram

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram

Yuhri Fulmiati, Universitas Muhammadiyah Mataram

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram

References

R. Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,†Jakarta Pemerintah Republik Indones., 2003.

Y. Irwansyah, P. Djuwita, and W. Wurjinem, “Studi Deskriptif Kinerja Guru dalam Penanaman Kedisiplinan Pada Siswa Kelas Iii E Melalui Pelajaran PKn di Sdit Iqra’2 Kota Bengkulu.†Universitas Bengkulu.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.

A. Mohammad and M. Asrori, “Psikologi remaja perkembangan peserta didik,†Jakarta Bumi Aksara, 2004.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian, Jakarta: PT,†Rineka Cipta, p. 201:274, 2013.

P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.

M. Ali, Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Penerbit Angkasa, Bandung, 1982.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2014.

M. T. Ilahi and R. K. Ratri, Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Ar-Ruzz Media, 2012.

N. Zuhriyah, “Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan,†Jakarta Bumi Aksara, 2008.

J. Burhanudin, Ulama dan kekuasaan: Pergumulan elite politik muslim dalam sejarah Indonesia. NouraBooks, 2012.

Downloads

Published

2019-12-04

Issue

Section

Articles