Peranan Guru PPKn dalam Membina Sikap dan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Melalui Pendekatan Keteladanan Guru di SMP Negeri 2 Donggo

Authors

  • Achmad Djunaidi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Titin Sarimawati Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1135

Keywords:

Membina sikap, kedisplinan, keteladanan

Abstract

Sikap siswa berperan sebagai penunjang dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Sikap dipengaruhi perasaan pendukung atau tidak mendukung terhadap suatu objek. Terdapat banyak asumsi bahwa ada hubungan yang positif antara sikap siswa dengan hasil belajarnya.  Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pernanan guru dalam membina sikap dan kedisplinan siswa melalui pendekatan keteladanan guru. Metode penelitian ini mneggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa di SMPN 2 Donggo. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan  reduksi data, penyajian data verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peranan Guru dalam pembinaan disiplin siswa adalah meningkatkan ketaqwaan siswa, mengadakan pembinaan untuk mempertinggi budi pekerti dan kepribadian siswa;  membimbing  tingkah  laku  siswa sehari-hari  di  sekolah;  2)      Bentuk pembinaan disiplin siswa yang dilakukan oleh guru adalah menunjukan/memberi contoh sikap disiplin; menegur siswa   yang   melanggar   secara   lisan;   menyampaikan   manfaat   dari berdisiplin; memberikan sanksi terhadap siswa yang melanggar baik sanksi ringan maupun sanksi berat; 3) Faktor pendukung dalam memberikan keteladanan dan kedisiplinan guru PPKn siswa adalah suasana lingkungan belajar yang kondusif/nyaman, sarana pembelajaran yang memadai/ menunjang, dan peran serta orang tua dalam pendidikan anak.

 

Students ' attitudes serve as supporting in achieving a learning objective. Beliefs influenced by feelings of support or not supporting an object. There are many assumptions that there is a positive relationship between students ' attitudes and their learning outcomes.  The purpose of this research is to explain the teacher's attention to cultivating the philosophy and discipline of the students through the teacher's example. This method of study used qualitative research with a descriptive approach. The informant is the teacher of PPKn and students at SMPN 2 Donggo. The data collection used is observation, interview, and documentation. Data analysis used data reduction, presentation of verification data, and withdrawal of conclusions. The results showed that 1) the teacher's role in the coaching of students ' discipline is to increase the student's steady lit, conduct coaching to heighten the character's ethics and personality;  Guiding the conduct of every day students at school;  2) The form of student discipline coaching conducted by the teacher is to demonstrate/give examples of disciplinary attitude; Rebuke the student who violates orally;   Convey the benefits of disciplined; Sanctions on students who violate either mild or severe sanctions; 3) supporting factors in providing the teacher's transparency and discipline for students is a conducive/comfortable learning environment, adequate learning facilities, and parents ' participation in children's education.

References

B. Maunah, “Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa,†J. Pendidik. Karakter, no. 1, 2015.

S. Rijal and S. Bachtiar, “Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa,†J. Bioedukatika, vol. 3, no. 2, pp. 15–20, 2015.

A. Sudrajat, “Perkembangan kognitif,†Jakarta Bumi Aksara, 2008.

F. J. Fiana, D. Daharnis, and M. Ridha, “Disiplin siswa di sekolah dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling,†Konselor, vol. 2, no. 3, 2013.

M. Y. Bachtiar, “Pendidik dan Tenaga Kependidikan,†Publ. Pendidik., vol. 6, no. 3, 2016.

F. Y. Fauzi, I. Arianto, and E. Solihatin, “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik,†J. PPKN UNJ Online,(Online), vol. 1, no. 2, 2013.

Z. Z. Mutaqin, “Indonesian Customary Law and European Colonialism: A ComparativeAnalysis on Adat Law,†J. East Asia Int. Law, vol. 4, no. 2, pp. 351–376, 2011.

M. M. P. M. K. Batulayar and K. L. Barat, “Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam,†J. Penelit. Keislam., vol. 4, no. 1, pp. 85–98, 2007.

D. Mutmainah and K. Kamaluddin, “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap Dan Kepribadian Siswa,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 6, no. 2, pp. 44–53, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2014.

Sugiyono, “Memahami Penelitian Kualitatif,†Bandung Alf., 2005.

B. D. Suwandi and M. Si, “Memahami Penelitian Kualitatif Jakarta: PT,†Reneka Cipta, 2008.

A. Suharsimi, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,†Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Sugiyono, “Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D,†Alf. Bandung, 2010.

L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

N. W. Wardhani and M. Wahono, “Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter,†Untirta Civ. Educ. J., vol. 2, no. 1, 2017.

Downloads

Published

2019-12-04

Issue

Section

Articles