Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan PKn melalui Pembelajaran Learning Community pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Kamaluddin Ahmad Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Aenul Hidayat Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2873

Keywords:

meningkatkan, hasil belajar, pkn, pembelajaran, learning community

Abstract

Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh factor interen dan eksteren yang ada pada diri siswa, sisi lain pembelajaran PKn yang dinamis membutuhkan metode pembelajaran yang efektif yang bisa merubah tingkah laku dan prestasi belajar siswa. Tujuan dalam artikel ini untuk mengtahui upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan PKn melalui pembelajaran learning community pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian research action class room. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapakan pembelajaran learning community dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar, dengan hasil tindakan pada siklus I  ketuntasan belajar 56,76 % dan nilai rata-rata 69,83, dan pada siklus II mengalami peningkatan tetapi belum memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar 70,27% dengan nilai rata-rata 84,08. Siklus III mengalami peningkatan yang sangat siknifikat yaitu 89,20% dengan nilai rata-rata 84,08. Dengan demikian setiap sikus mengalami peningkatan yang signifikat dan memenuhi indikator keberhasilan (nilai klasikal) dari siklus sebelumnya.

 

Low learning outcomes are influenced by internal and external factors that exist in students, on the other hand, dynamic Civics learning requires effective learning methods that can change student behavior and learning achievement. The purpose of this article is to determine the efforts to improve the learning outcomes of Civics education through learning community learning for elementary school students. This research is a research action class room. Based on the results of the research shows that by applying learning community learning can improve learning outcomes of elementary school students, with the results of action in cycle I learning completeness 56.76% and an average value of 69.83, and in cycle II has increased but has not met the indicators of success. namely mastery learning 70.27% with an average value of 84.08. Cycle III experienced a very significant increase, namely 89.20% with an average value of 84.08. Thus, each cycle experienced a significant increase and fulfilled the success indicator (classical value) from the previous cycle.

References

S. N. Uribe, “Investigating the Benefits of Curriculumâ€Based Readers Theatre for English Language Learners Through an Innovative Professional Learning Community Model,†Wiley Handb. Action Res. Educ., pp. 565–579, 2019.

J. Zhang, “The Construction of College English Online Learning Community under ADDIE Model.,†English Lang. Teach., vol. 13, no. 7, pp. 46–51, 2020.

E. S. N. Jannah, “Penerapan Metode Pembelajaran ‘Active Learning-Small Group Discussion’ di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran,†FONDATIA, vol. 3, no. 2, pp. 19–34, 2019.

L. I. Wahyuni, “Penerapan model pembelajaran learning community tema lingkungan pada pembelajaran tematik guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang,†Penerapan Model pembelajaran Learn. community tema Lingkung. pada pembelajaran Temat. guna Meningkat. Has. belajar siswa kelas III SDN Mulyoagung Kec. Dau Kabupaten Malang/Luluk Ika Wahyuni, 2010.

A. Rohyanto, “Penerapan Strategi Learning Community Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Senggrong Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013.†Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.

A. Samsudin, “Supervisi Akademik Pembelajaran IPA Melalui ICT Based Lesson Study Untuk Membangun Learning Community Guru SD,†Mimb. Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 77–82, 2014.

H. Afriansyah, “Administrasi Pendidikan di Indonesia,†2019.

D. Rusman and M. Pd, “Model-model pembelajaran,†Raja Graf. Jakarta, 2012.

B. L. Smith, “Taking Structure Seriously: The Learning Community Model.,†Lib. Educ., vol. 77, no. 2, pp. 42–48, 1991.

R. DuFour, “What is a‘ professional learning community’?,†Educ. Leadersh., vol. 61, no. 8, pp. 6–11, 2004.

A. S. Rahayu, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Bumi Aksara, 2017.

U.-U. R. Indonesia, “Sistem Pendidikan Nasional,†Jakarta Direktorat Pendidik. Menengah Umum, 2003.

Downloads

Published

2020-10-12