Penggunaan Teknik Discovery Dengan Media Gambar Untuk Membangkitkan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Susana Engsa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sri Rejeki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.675

Keywords:

discovery, media, gambar, minat, belajar

Abstract

Proses belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Mataram diketahui belum signifikan dilihat dari segi minat belajar siswa sangat kurang sehingga berdampak pada minimnya prestasi belajar siswa. Selain itu guru juga harus menggunakan teknik dengan barbagai cara agar siswa berperan aktif dalam proses belajar seperti guru menggunakan media gambar supaya siswa tidak jenuh dalam proses belajar mengajar langakah-langkah tersebut memerlukan partisipasi aktif dari siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik discovery dengan media gambar untuk membangkitkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMPN 19 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket dengan metode analisis data korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan analisis data yaitu. Hasil analisis data yang di peroleh dalam adalah 0,574, dengan taraf signifikan 5%, maka diperoleh nilai 0,300. Jadi nilai r perhitungan lebih besar dibandingkan dengan nilai r tabel (0,574>0,300). Jadi hipotesis (Ha) adalah, “Adanya Pengaruh Penggunaan Teknik Discovery Dengan Media Gambar Membangkitkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMPN 19 Mataram Pada Bidang Studi PPKn Tahun Pelajaran 2017-2018†diterima.

 

The learning process at the state Junior high School 19 Mataram is known to have not been significantly seen in terms of learning the interest of the students very less so it affects the lack of student learning achievement. In addition, teachers also have to use techniques as a way for students to play an active role in learning processes such as teachers using image media so that students are not saturated in the process of learning the steps are requiring participation Active from students. The purpose of this research is to describe the influence of the use of discovery techniques with image media to generate interest in students ' study in class VII SMPN 19 Mataram. The type of research used in this study is quantitative research, with an experimental approach. Methods of collecting data using observation methods, documentation, and polls with data analysis method correlation product moment. The results showed based on data analysis ie. The results of the analysis of data obtained in the 0.574, with a significant status of 5%, then obtained the value of 0.300. So the value of R calculation is greater than the value of the R table (0,574 > 0,300). So hypothesized (Ha) is, "the influence of the use of Discovery techniques with Media image generating interest learning students grade VII SMPN 19 Mataram in the field of the study year 2017-2018" received.

References

A. Arsyad, “Media pembelajaran.†Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

R. Y. B. Gagne and L. Briggs, “‘Principles of Instructional Design.’†Holt, Rinehart, and Winston, New York, Estados Unidos, 1975.

C. Kustandi and B. Sutjipto, “Media pembelajaran manual dan digital,†Bogor Ghalia Indones., 2011.

Z. Aqib, “Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif),†Bandung: yrama widya, 2013.

W. Sanjaya, Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana, 2015.

I. Dina, “Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran,†2011.

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia, 2012.

A. Suharsimi, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,†Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.

Sugiyono, “Metode penelitian kombinasi (mixed methods),†Bandung Alf., 2015.

G. M. Sudaryono and W. Rahayu, “Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan,†Yogyakarta Graha Ilmu, 2013.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian dan Pengembangan,†Res. Dev. D, 2015.

H. Usman, “Manajemen: teori, praktik, dan riset pendidikan,†Jakarta bumi aksara, 2006.

C. Narbuko and A. Achmadi, “Metodologi penelitian,†Jakarta Bumi Aksara, 2007.

S. Nasution, Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. PT. Bina Aksara, 2000.

S. Hadi, “Metodologi research jilid I,†Yogyakarta Andi, vol. 94, p. 95, 2004.

B. Suryosubroto, “Mengenal Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar Mengajar,†Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Downloads

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles