Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Civic Disposition bagi Peserta Didik di SMA Negeri 3 Kota Tangerang

Authors

  • Panca Nanda Putri Nanda Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Febrian Alwan Bahrudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dinar Sugiana Fitrayadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v10i1.7331

Keywords:

Peran Guru PPKn, Menanamkan Civic Disposition,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam membentuk Civic Disposition. Tempat penelitian berlokasi di SMA Negeri 3 Kota Tangerang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti temukan menunjukan bahwa guru selaku pelaksana dan pembimbing dalam membentuk civic disposition pada pembelajaran PPKn di kelas, yaitu dengan cara menerapkan nilai-nilai pembentukan karakter yang sesuai dengan nilai kebangsaan dan melalui contoh perilaku yang baik, sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari dua yaitu faktor internal seperti kurangnya fasilitas yang belum menciptakan suasana kondusif dan produktif untuk memberikan pengalaman belajar pada peserta didik secara proaktif dan interaktif dalam proses pembelajaran dan faktor eksternal seperti kurangnya dukungan dari orangtua kepada peserta didik dalam pembelajaran di sekolah. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PPKn dalam membentuk Civic Disposition di SMA Negeri 3 Kota Tangerang sudah terlaksana dengan baik.

 

The aim of this research is to determine the role of Pancasila and Citizenship Education (PPKn) teachers in shaping citizens' character. The research site was located in SMA Negeri 3 Tangerang City. The approach in this research used a qualitative approach with descriptive methods, data collection was done through observation, interviews, and documentation.  The results found indicate that teachers as implementers and mentors in shaping civic dispositions in civic education learning in the classroom, namely by applying the values of character building in accordance with national values and through good behavior, while the supporting factors consist of two internal factors.  such as the lack of facilities that have not created a conducive and productive atmosphere to provide a proactive and interactive learning experience for students in the learning process and external factors, such as the lack of support from parents to students learning at school.  The conclusion of the research shows that the role of PPKN teachers in shaping citizenship character at SMA Negeri 3 Tangerang City has been carried out well.

References

K. P. Kebudayaan, “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Akreditasi Program Studi Dan Perguruan Tinggi,†2020.

E. Mulyasa, “Menjadi guru profesional,†Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

D. Kesuma, C. Triatna, and J. Permana, “Pendidikan karakter: kajian teori dan praktik di sekolah,†2011.

D. P. Nasional, “Undang-undang nomor 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen,†Jakarta: Depdiknas, 2005.

Sugiyono, “Metode Penelitian dan Pengembangan,†Res. Dev. D, 2015.

S. Syaodih, “Metode penelitian pendidikan,†2005.

W. Wuryandani, B. Maftuh, and D. Budimansyah, “Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar,†J. Cakrawala Pendidik., vol. 33, no. 2, 2014.

M. Dimyati, “Belajar dan pembelajaran,†Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

S. H. Tomi Utomo, Dwi Wahyuni, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013) (The Effect of Problem-Ba,†J. Eduksi, vol. 1, no. 1, pp. 5–9, 2014.

E. Gusrianti, Y. Yantoro, and S. Hayati, “Strategi Guru dalam Mengembangkan Karakter Jujur di Sekolah Dasar.†Universitas Jambi, 2021.

D. Dharma Kesuma and J. Permana, “Pendidikan Karakter,†Kaji. Teor. dan Prakt. di Sekolah, Bandung, 2012.

H. R. Aditia, H. Hamiyati, and R. Rusilanti, “Hubungan pola asuh orang tua dengan kepedulian sosial remaja,†JKKP (Jurnal Kesejaht. Kel. Dan Pendidikan), vol. 3, no. 2, pp. 89–93, 2016.

W. I. Lestari, U. Mawaddah, and E. Kareviati, “The Influence Of Discovery Learning And Snowball Throwing Method In Improving Writing Skills Of High School Students,†Proj. (Professional J. English Educ., vol. 2, no. 3, p. 332, 2019.

L. Suryani, “Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok,†E-Jurnal Mitra Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 112–124, 2017.

H. Gunawan, “Pendidikan Karakter,†Bandung Alf., 2012.

Downloads

Published

2022-04-18

Issue

Section

Articles