Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja pada Kantor SAMSAT Selong

Authors

  • Sania Al Zahra STIE Mataram
  • Ni Nyoman Yuliati STIE Mataram
  • Muhammad Wahyullah STIE AMM Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.7794

Keywords:

Balanced Scorecard, Pengukuran, Kinerja, SAMSAT

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Kantor SAMSAT Selong diukur dengan menggunakan Metode Balanced Scorecard. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Hasil penelitian diukur menggunakan value for money dengan hasil yang baik, persepektif pelanggan menunjukkan hasil yang baik berdasarkan 3 indikator, persepektif proses bisnis internal menunjukkan hasil yang sangat baik berdasarkan 7 indikator, serta persepektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan hasil yang baik. Kantor SAMSAT Selong harus lebih memperhatikan kualitas pelayanan dengan baik terhadap pelanggan dan meningkatkan kinerja terhadap pegawai.

Abstract:  This study aims to determine the performance of the Selong SAMSAT Office when measured using the Balanced Scorecard Method. This type of research is descriptive research. Where customers are taxpayers, the sample is taken by using incidental sampling and the employees of the Selong SAMSAT office using saturated sampling. The results using value for money with good results, the customer perspective shows good results based on 3 indicators, the internal business process perspective shows excellent results based on 7 indicators, as well as the learning and teaching perspective. growth shows good results. The Selong SAMSAT Office should pay more attention to the quality of service to customers and improve performance of employees.

References

M. As’ad, “Psikologi Industri: Seri Ilmu Sumber Daya Manusia,†Penerbit Lib. Yogyakarta, 2004.

S. Luis and P. A. Biromo, “Step by step in cascading balanced scorecard to functional scorecards,†Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2017.

A. Purwanti and D. Prawironegoro, “Akuntansi manajemen,†Jakarta: Mitra Wacana Media, 2013.

I. Fahmi, “Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi (Cetakan Kesatu),†Bandung Alf. cv, 2010.

M. Mulyadi and M. S. Ak, “Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard,†Yogyakarta UPP STIM YKPN, 2009.

Mahmudi, “Manajmen Kinerja Sektor Publik,†UPP STIM YKPN, 2015.

M. Mahsun, “Pengukuran kinerja sektor publik,†Yogyakarta BPFE, 2006.

W. E. Y. Pramadhany and S. N. Rahardjo, “Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja Pada Organisasi Nirlaba (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Bhayangkara Semarang).†Universitas Diponegoro, 2011.

M. L. Rumintjap, “Penerapan balanced scorecard sebagai tolak ukur pengukuran kinerja di RSUD Noongan,†J. emba J. Ris. Ekon. manajemen, bisnis dan Akunt., vol. 1, no. 3, 2013.

Sugiyono, “Metode penelitian kombinasi (mixed methods),†Bandung Alf., 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.

B. Indra, “Akuntansi Sektor Publik di Indonesia,†Ed. I, BPFE UGM, Yogyakarta, 2001.

R. S. Kaplan and D. P. Norton, “Menerapkan Strategi Menjadi Aksi Balanced Scorecard,†Penerbit Erlangga, Jakarta, 2000.

I. Budiasih, “Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Perusahaan (PT. Gde Kadek Brothers Layar Antarnusa-Bounty Cruises) Ida Ayu Putu Rika Maharani.â€

I. Ghozali, “Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS,†2006.

Downloads

Published

2021-09-30