STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI KELOR PT TRI UTAMI JAYA UNTUK MENEMBUS PASAR INTERNASIONAL

Authors

  • Reni Anggriani Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Alfian Eikman Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jabb.v3i1.7626

Keywords:

Kata kunci, Strategi Pemasaran, Industri Kelor

Abstract

Perdagangan internasional merupakan suatu tantangan bagi sebuah perusahaan. Dengan pasar yang begitu luas maka tingkat persaingan juga semakin besar. Perkembangan jaman dan teknologi yang sangat pesat cukup untuk mempermudah transaksi perdagangan lintas Negara. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh perusahaan lokal baik perusahaan , menengah dan juga perusahan besar di Indonesia yang sudah cukup matang untuk ekspansi ke luar negeri. Apabila kegiatan ekspor-impor yang dilakukan dapat membatu pemerintah untuk menambah devisa Negara. CV. Tri Utami Jaya merupakan salah satu UKM yang sudah memasuki pasar luar negeri, perusahaan ini sudah mengirim di berbagai Negara contohnya seperti Taiwan , korea, jepang , hongkong, malaysa singapure dan Negara-negara lainnya.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan UKM industri kelor PT. Tri Utami jaya untuk menembus pasar internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitati, tekhik pengumpulan data di lakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis dengan cara , pengumpulan informasi, redaksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan .Hasil penelitian ini menunjukan UKM indusrti kelor PT Tri Utami Jaya  menggunakan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran (marketing mix)  berupa  4 elemen , seperti strategi produk, strategi harga, strategi, distribusi atau tempat dan strategi promosi . UKM  Industri kelor juga menggunakan negosiasi dengan calon pembeli untuk memasuki  pasar internasional dengan khasiat dan langkahnya produk kelor  dan  dengan memanfaatkan  bantuan dari pemerintah melalui dinas perindusrtian dan perdagangan (Disperindag)

References

Apriliyanti, Triana.(2014). Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Tahu Kuning Disentra Industri Tahu Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.

Barus, H. R. J.(2019). Analisis Strategi Pemasaran UKM Dalam Memasuki Pasar Luar Negeri (Studi Pada UKM Kripik Kreasi Lutvi).

Cendickya, Irvan. (2017). Komprasi Strategi Pemasaran Kelor Dengan Pendekatan Model Pengambilan Keputusan Mintzberg.

Fauziah Ifat. (2018). Buku panduan ekspor-impor. Jakarta: PT. Serambi Semesta Distribusi.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Karta. R. B., dkk. (2014). Bisnis Internasional. Bandung: PT. Karya Manunggal Lithomas.

Kurniawan Hary., dkk. (2020). Pengolahan daun kelor di desa sigar penjalin kecamatan tanjung kabupaten lombok utara. Vol. 2, No. 2, Juli 2020

Downloads

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles