PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA PERIKANAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL

Authors

  • Arafat Febriandirza Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Maesaroh Maesaroh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Eka Kartikawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Irdalisa Irdalisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Mega Elvianasti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Widia Anggraeni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i4.10768

Keywords:

Digital Marketing, Pindang Ikan, UMKM, Usaha Perikanan.

Abstract

Abstrak: Kelompok usaha pindang bandeng di Kabupaten Bekasi memulai usaha dalam bidang perikanan sekitar 20 tahun. Selama perjalanan usahanya, produk pindang ikan bandeng diproduksi dan distribusikan secara konvensional. Sumber daya manusia merupakan salah satu keterbatasan dalam pengembangan usaha pindang bandeng. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bagi pelaku usaha pindang bandeng terkait pemanfaatan teknologi digigal untu mendukung aktivitas usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan yaitu berupa seminar pemberian materi dan workshop keterampilan teknologi digital. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa terdapat perubahan pengetahuan dalam proses pengemasan produk dan pemasaran menggunakan digital marketing. Seluruh peserta kegiatan menyatakan bahwa pendampingan pelaku usaha perikanan ini bermanfaat untuk mereka. Melalui kegiatan ini para peserta memeroleh pengetahuan, dan keterampilan tentang proses produksi dan pemasaran usaha pindang menggunakan teknologi digital. Diperlukannya tindak lanjut dan waktu pendampingan yang lebih panjang dalam upaya membuat pelaku usaha lebih mudah beradaptasi dan mandiri.

Abstract:  Pindang bandeng business group in Bekasi Regency started a business in the fishery sector for about 20 years. During the course of its business, milkfish pindang products were produced and distributed conventionally. Human resources are one of the limitations in the development of milkfish pindang business. This activity is carried out to provide understanding and skills for milkfish pindang business actors regarding the use of digital technology to support business activities. The method used in the activity is in the form of seminars on providing material and workshops on digital technology skills. The results of the activity evaluation show that there is a change in knowledge in the process of product packaging and marketing using digital marketing. All participants of the activity stated that the assistance of fishery business actors was beneficial for them. Through this activity, participants gain knowledge and skills about the production process and marketing of pindang businesses using digital technology. The need for follow-up and longer mentoring time in an effort to make business actors more adaptable and independent.

References

Araina, E., Sulistyaningrum, T. W., & Firlianty, F. (2020). Edukasi Mengenai Peranan Mahluk Hidup Dan Kandungan Nilai Gizinya Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(1). 141-149. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1382

Ati Kusmiati. (2022). Pemberdayaan UMKM Olahan Ikan Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 234–242. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.879

Haqiqiansyah, G., & Sugiharto, E. (2021). Profil dan Kinerja Usaha Olahan Perikanan di Kelurahan Sarijaya Kecamatan Sanga Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pertanian Terpadu, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.36084/jpt..v9i1.307

Hardjanto, K., & Windoatmoko, W. (2021). Profil Usaha Pemindangan Ikan pada Sentra Pengolahan Ikan Kota Magelang. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 15(3), 261–276.

Hikmayani, Y., & Yulisti, M. (2016). Dampak Ekonomi Program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (Pump) Pada Usaha Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Perikanan. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan. 10 (2). 229-240. https://doi.org/10.15578/jsekp.v10i2.1262

Hudaya, Y., Hubeis, A. V., Sugihen, B., & Fatchiya, A. (2017). Pemberdayaan Pengolah Ikan Skala Rumah Tangga Di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan. 12 (2). 189-202. https://doi.org/10.15578/jsekp.v12i2.6433

Prasetyo, B., Hubeis, M., Purwanto, B., Agatis, J., & Darmaga, K. I. P. B. (2020). Evaluasi Bantuan Modal Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan di Kabupaten Bogor (Studi Kasus UKM Penerima Bantuan PUMP-P2HP Tahun 2012-2014). Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. 15 (1). 10–18.

Rachmah, Q., Indriani, D., Hidayah, S., Adhela, Y., & Mahmudiono, T. (2020). Pendidikan Gizi Gemar Makan Ikan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Pencegahan Stunting Di Desa Gempolmanis Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. Amerta Nutrition, 4 (2). 165-170. https://doi.org/10.20473/amnt.v4i2.2020.165-170

Sari, D., A., & Suprapto, R. (2019). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Pengolahan Ikan Melalui Analisis Swot. Stability: Journal of Management and Business, 1 (2). 110-122. https://doi.org/10.26877/sta.v1i2.2857

Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. 13 (1). 19-28. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.19-28

Sigalingging, R. I. K., Soebhakti, H. O., & Susilawati, T. (2020). Penyuluhan Pengolahan Perikanan pada Poklahsar di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan , Jawa Barat [ Fishery Processing Extension at Poklahsar in Darma District , Kuningan. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 14(3), 315–328.

Surasno, D. M., Mansyur, S., Rahayu, A., & Kurniawan, D. (2022). Edukasi Pemanfaatan Makanan Berbasis Pangan Lokal di Kelurahan Gubukusuma Kota Tidore Kepulauan Tahun 2022. Jurnal Biosaintek. 4 (2), 57–60.

Syahril, S., et al., (2021). Peningkatan Nilai Tambah Ikan Melalui Metode Pemindangan Di Desa Ketupat Kecamatan Raas. Jurnal Abdimas Sosek: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Sosial Ekonomi. 2 (3). 16-18. http://journal.pdmi-pusat.org/index.php/jas/article/view/52

Trisngati, U., Genarsih, T. (2022). Edukasi Gemar Ikan: Upaya Peningkatan Kesadaran dan Kepedulian Sosial Mahasiswa. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2 (1). 779–784. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Wijaya, S., Fadhillah, M., Mulyanti, P. P., Utari, S. A., Kedokteran, F., Jakarta, U. M., & Dahlan, J. K. H. A. (2021). Edukasi Pentingnya Gizi Seimbang Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswi Tataboga Sma Plus Pgri Cibinong. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4.

Downloads

Published

2022-10-25

Issue

Section

Articles