PELATIHAN PENULISAN KREATIF TERSTRUKTUR

Authors

  • Lalu Jaswadi Putera Universitas Mataram
  • Muh. Khairussibyan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.114

Keywords:

literasi, penulisan kreatif, MA Raudhatusshibyan

Abstract

Abstrak:  Pelatihan Penulisan Kreatif Terstruktur di MA Raudhatusshibyan NW Belencong ini bertujuan untuk:  1) mengakrabkan peserta didik dengan budaya  literasi; 2)  membelajarkan peserta didik agar memiliki keterampilan literasikhususnya keterampilan menulis terstruktur dalam bahasa Indonesia; 3) memotivasi peserta didik untuk menulis kreatif dan terstruktur dalam kehidupan sehari-hari; 4)  membantu tugas para guru  dalam membelajarkan keterampilan  literasi.  Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pihak yayasan dan pengurus MA Raudhatusshibyan. Pelaksanaan pengabdian ini diharapkan dapat  meningkatkan keterampilan peserta khususnya  dalam teknik  penulisan  kreatif  terstruktur Bahasa Indonesia  dan meningkatkan pemahaman pelajar terhadap nilai-nilai budaya literasi.

Kata Kunci: literasi, penulisan kreatif, MA Raudhatusshibyan

Abstract:  This  community  service themed  structured-creative writing  training  at MA Raudhatusshibyan NW Belencong aims to: 1)  raise  awareness of the importance of the literate culture  among  students; 2) train students to become more  literate and  skillful especially  in  structured-creative writing in Indonesian language; 3)  enthuse  students to eagerly  write structured-creative writing in  their  daily life; and 4)  help teachers in improving  the students’  literacy skill.  Our partners in this community service are the foundation and the  administrators of MA  Raudhatusshibyan  NW Belencong Gunung Sari. It is hoped that this community service can improve the students’  literacy  skill especially  in  structured-creative writing in Indonesian language  as well as  increase the students’ understanding of the values of literacy.

Keywords: literacy, creative writing, MA Raudhatusshibyan

References

Ong WJ, Hartley J, Orality and Literacy, Routledge, London, h. 1-6, 2002.

Sunarti, Sastri, Kelisanan dan Keberaksaraan dalam Surat Kabar Terbitan Awal di Minangkabau: (1859—1940-an), KPG, Jakarta, h.29, 2013.

Gunawan A, “Indonesia second least literate of 61 nationsâ€, The Jakarta Post online, March 12, 2016. http://www.thejakartapost.com/

Murnane R, Sawhill I, Snow C, Literacy Challenges for the Twenty-First Century: Introducing the Issue, Princeton-Brookings, Vol. 22, No.2, h. 3-16, 2012.

Bestor, Arthur, “Dasar-Dasar Pendidikan†dalam Paulo Freire Menggugat Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, h. 201, 2009.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles