PENINGKATAN DAYA SAING DAN PRODUKTIVITAS MELALUI PELATIHAN WAWASAN BISNIS HIJAU BAGI UMKM

Authors

  • Vera Intanie Dewi Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan
  • Nury Effendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran
  • Indupurnahayu Indupurnahayu Fakultas Ekonomi, Universitas Ibn Khaldun, Bogor
  • Eva Ervani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran
  • Fitri Hastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran
  • Renea Shinta Aminda Fakultas Ekonomi, Universitas Ibn Khaldun, Bogor
  • Militcyano Samuel Sapulette Economic Research Institute for ASEAN and East Asia

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v6i1.12271

Keywords:

Green Business, Small Medium Enterprises, Environment.

Abstract

Abstrak: Tujuan Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk peningkatan pemahaman atas wawasan binis hijau untuk pelaku UMKM untuk peningkatan usaha dan produktivitas. Metode pelaksanaan kegiatan berbentuk sosialisasi dan penyuluhan. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 111 pelaku usaha. Berdasarkan analisis awal kebutuhan para peserta diperoleh informasi bahwa UMKM masih rendah dalam mengimplementasikan bisnis hijau. Sementara dorongan ke pelaku UMKM menjalankan usahanya yang mengimplementasikan bisnis hijau terus disosialisasikan. Hal ini menarik untuk digali lebih jauh apakah terdapat kendala yang dihadapi ketika mengimplentasikan, kurang tersosialisasikannya dan terbatasnya informasi. Masih terdapat sebanyak 41.4% pelaku usaha yang belum menerapkan bisnis hijau dalam proses bisnisnya. Hasil dari kegiatan ini diketahui seluruh peserta merasakan manfaat dari kegiatan ini yakni peserta mendapatkan peningkatan pemahaman dan pengetahuan mengenai wawasan bisnis hijau. Serta seluruh peserta meningkat kesadarannya akan pentingnya menjalankan bisnis dengan memperhatikan aspek aspek sustainability. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui kegiatan interaktif tanya jawab selama kegiatan, game kuis serta umpan balik peserta melalui pengisian formulir online diakhir kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa pelaku UMKM merasakan manfaat dari pelatihan, dan mengharapkan adanya tindaklanjut dalam bentuk pendampingan dan pelatihan dengan topik yang mendukung bisnis hijau seperti pengenalan kemasan berbahan alami yang ramah lingkungan, pelatihan pemasaran hijau,dan pelatihan pengelolaan limbah.

Abstract: This Community Service Program aims to increase understanding of green business insights for MSME actors to increase business and productivity. One hundred eleven business SMEs attended this training. Based on the initial analysis of the needs of the participants, information was obtained that SME's still needed to be higher in implementing green businesses. Meanwhile, encouragement for SMEs to run their companies that implement green enterprises continues to be socialized. It is interesting to explore further whether obstacles are encountered during implementation, lack of socialization, and limited information. 41.4% of business actors still need to implement green business in their business processes. The results of this training were known to all participants who benefited from this activity, namely, participants gained increased understanding and knowledge about green business. Also, all participants increased their awareness of the importance of running a business by paying attention to sustainability aspects. Evaluation of activities is carried out through interactive question-and-answer activities during activities, quiz games, and participant feedback by filling out online forms at the end of workouts. Based on the evaluation results, it is known that SMEs actors benefit from the training and expect follow-up in the form of assistance and training on topics that support green business such as the introduction of environmentally friendly natural packaging, green marketing training, and waste management training.

 

Author Biographies

Vera Intanie Dewi, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan

Management

Nury Effendi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran

Ekonomi dan Bisnis

Eva Ervani, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran

Ekonomi dan Bisnis

Fitri Hastuti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran

Ekonomi dan Bisnis

Renea Shinta Aminda, Fakultas Ekonomi, Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Ekonomi

Militcyano Samuel Sapulette, Economic Research Institute for ASEAN and East Asia

Economic Research Institute for ASEAN and East Asia

References

Andriyanty, R., Yunaz, H., Hasibuan, A. N., & Wahab, D. (2021). Pengurangan Penggunaan Plastik Pada UMKM Perkampungan Wisata Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 805–814. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.5214

Astuti, M., & Wahyuni, H. C. (2018). Strategi Implementasi Green Human Resource Management Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 121. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2018.v12.i02.p04

Bestari, D. K. P., & Butarbutar, D. A. (2021). Implementation of Green Marketing Strategies and Green Purchase Behavior as Efforts to Strengthen the Competitiveness of MSMEs in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 243–254. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1588

ÄŒekanaviÄius, L., BazytÄ—, R., & DiÄmonaitÄ—, A. (2014). Green Business: Challenges and Practices. Ekonomika, 93(1), 74–88. https://doi.org/10.15388/ekon.2014.0.3021

Dewandhana, R. K. (2019). The Role of Competitive Strategy and Green Supply Chain Management on Firm Performance : Case Study of MSMEs in Traditional Market.

Eko, S., Waluyo, Y., Fitriyani, Z. A., Huda, K., Ekonomi, F., Mayjend, U., Mojokerto, S., Economy, G., & Ekonomi, P. (2022). Konsep Green Economy Terhadap Penjualan Sektor. Prosiding Seminar Nasional Universitas Pgri Palangka Raya "Green Economy Dan Pembangunan, 1, 310–326.

Haden, S. S. P., Oyler, J. D., & Humphreys, J. H. (2009). Historical, practical, and theoretical perspectives on green management: An exploratory analysis. Management Decision, 47(7), 1041–1055. https://doi.org/10.1108/00251740910978287

Hartono, Maulina, A., Noviandari, Sukirno, & Sholeh, M. (2021). Green Business Umkm Di Kota Depok. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 83–89. https://doi.org/10.31334/jks.v3i2.1268

Nawangsari, L. C., & Wardhani, N. K. (2022). Jurnal Abdimas Perbanas. Jurnal Pengabdian Kepada …, 3(2), 76–83. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2822418&val=25290&title=A LITERASI KEUANGAN SYARIAH BAGI UMKM SEBUAH SOLUSI MEMPEROLEH MODAL USAHA

Nusraningrum, D., Mekar, T. M., & Meilina, P. (2022). Analisis Manajemen Hijau dan Bisnis Hijau pada Pemasaran Hijau Pariwisata Maritim. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 449–454. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas

Putri, S. W., & Putri, T. A. (2022). Implementasi Green Marketing pada UMKM Lokal. Aptekmas, 5(2), 137–143.

Putri, V. W., Ridloah, S., & Wijaya, A. P. (2020). Strategy for increasing green economic performance of small and medium enterprises based on green business management. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012063

Sibarani, M., Sipayung, E., & Supratman, D. (2020). Model Usaha Berbasis Green Business Yang Dapat Menembus Pasar Dunia (Pada Ukm Keramik Di Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta). Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 65. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2437

Solihin, D., Dewi, C. K., Rachman, M., & Economy, G. B. (2022). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Teknologi Melalui Inkubator Green Business Economy Dalam Mendukung Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Abdimas Lamin, 1(1), 78–85.

Suciarto, S., & Ferijani, A. (2020). Implementasi Green Business dalam Ekoturisme di Jawa Tengah (Studi pada Tiga Obyek Wisata). Jemap, 3(1), 72–94. https://doi.org/10.24167/jemap.v3i1.2604

Sulistyowati, L., Ginting, A. L., & Hafa, F. (2022). Pelatihan pemanfaatan sampah rumah tangga sebagai kompos pupuk organik 1. JCES (Journal of Character Education Society), 5(4), 132–141.

Syamni, G., & Bachri, N. (2012). Bisnis Hijau Dan Faktor-Faktor Yang Mendorongnya: Suatu Kajian Literatur.

Utomo, M. N., Rita, M. R., Pratiwi, S. R., & Puspitasari, I. (2021). Green Business: Strategi Membangun Kewirausahaan Berdaya Saing dan Berkelanjutan (R. W. Saridewi (ed.); 1st ed.). Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=2LNsEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=business+green+umkm&ots=YtDJTZMeXC&sig=8WyBWFXFj4uOH0R4ZOLwD0imyuU&redir_esc=y#v=onepage&q=business green umkm&f=false

Wintoro. (2012). Eksploratori Tujuan Manajemen Keuangan Bisnis Hijau. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 16(1), 27–36.

Yanto, H., Susanti, A., Kiswanto, Baroroh, N., & Wibowo, A. (2019). Strategies for implementing green business in Indonesian small and medium-sized enterprises. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 7(11), 215–233.

Downloads

Published

2023-06-07

Issue

Section

Articles