TRAINING ON TRAINER KOMPETISI SAINS NASIONAL SMP/MTS BIDANG IPA FISIKA BAGI GURU DAN MAHASISWA CALON GURU FISIKA/IPA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.12783Keywords:
National Science Competitions, Physics, Science, Training on Trainer.Abstract
Abstrak: Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatihkan kemampuan bagi guru fisika dan mahasiswa calon pendidik pelajaran IPA/fisika untuk dapat menjadi pelatih di bidang kompetisi sains nasional bidang IPA-fisika. Metode pelaksanaan Training on Trainer ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu (1) Pre-test untuk mengetahui kemampuan awal dari peserta, (2) Mentoring terkait dengan pelatihan dan penguatan pemahaman materi fisika Kompetisi Sains Nasional, dan (3) Post-test untuk mengetahui kemampuan peserta setelah diberikan pelatihan . Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari di SMPN 1 Cisurupan Kabupaten Garut. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test terdapat peningkatan pada kemampuan guru fisika dan mahasiswa calon pendidik pelajaran IPA/fisika dalam mengerjakan soal KSN setelah mengikuti training on trainer yang dilaksanakan.
Abstract: The objective of this program is to train physics teachers and pre-services physics teacher to be trainers in national science competitions (KSN) in the field of science-physics (IPA-Fisika). This program's method is carried out in three stages: (1) pre-test to determine participants' initial abilities, (2) mentoring related to training and strengthening understanding of the physics material for the National Science Competition, and (3) post-test to determine participants' abilities after training. This training was held for two days at SMPN 1 Cisurupan, Garut Regency. Based on the results of the test, there was an increase in the ability of physics teachers and and pre-services physics teacher in working on KSN Problems after participating in the training on trainer.Â
References
Astuti, N., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.
Dalman, R. P., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.12
Ekayanti, A., Merona, S. P., & Suhendar, U. (2020). Pendampingan Guru Pembina OSN Matematika SMP Negeri 1 Jetis Beserta Sekolah Imbasnya. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 301–306. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1004
Erfan, M., Ratu, T., & Yahya, F. (2019). Pendampingan Persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Bagi Siswa SMA Negeri 4 Sumbawa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 114–119.
Fitriyah, D., Sarkity, D., Elvi, M., & Liana, M. (2019). Pembinaan Penyelesaian Soal-soal Olimpiade Sains bagi Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 77–81. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1826
Ikashaum, F., Mustika, J., Soeseno, Z. E., & Winata, B. B. (2021). Pembinaan Olimpiade: Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 87–94. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.618
Mariyati, Y., Hastuti, I. D., & Sari, N. (2019). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. JURNAL SINERGI: Pengabdian UMMAT, 2(1), 19–21.
Muliani, F., Noviati, D., & . F. (2018). PEMBINAAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BIDANG OLIMPIADE SAINS BAGI GURU SD KOTA LANGSA PROVINSI ACEH. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2586
Nuraini, T., & Julianto. (2022). analisis faktor penyebab kesulitan siswa sekolah dasar kelas iv dalam menyelesaikan soal hots (high order thinking skills) pada mata pelajaran. JPGSD, 10(1), 60–74.
Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional SMP Secara Daring Tahun 2021. (2021). Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementrian pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi.
Rahmi, F. (2022). Program Pendampingan Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah Bidang Matematika Terintegrasi di Kabupaten Lima Puluh Kota. The 4th International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE), 256–261.
Ribut Yuda Pradana, O., Anwas Mashuri, Budi Sasomo, & Arum Dwi Rahmawati. (2022). Pembinaan Olimpiade Matematika di MIT Bhakti Ibu. IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 25–30. https://doi.org/10.37471/ijce.v3i1.443
Septiyanto, R. F., & Affifah, I. (2020). Analisis Metode Drill Terhadap Kemampuan Mahasiswa Dalam Pemecahan Soal Olimpiade Fisika. 3(1), 154–158.
Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Menengah Pertama Tahun 2021. (2021). Pusat prestasi Nasional.
Silabus Olimpiade Nasional (OSN) Sekolah Menengah Pertama. Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019. (2019)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).