PELATIHAN PEMBUATAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP BAGI GURU SMP, MTs dan SMA DI KABUPATEN BARITO KUALA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v6i1.13233Keywords:
pelatihan, instrumen, penilaian, sikapAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru PPKn dalam membuat instrument penilaian sikap siswa. Peserta kegiatan adalah guru PPKn SMP, MTs dan SMA di Kabupaten Barito Kuala. Metode pelaksanaan kegiatan adalah ceramah, diskusi, pelatihan dan tanya jawab. Dari pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan instrument penilaian sikap siswa bagi guru PPKn SMP, MTs dan SMA di Kabupaten Barito Kuala dapat disimpulkan adanya peningkatan pengetahuan peserta tentang penilaian sikap siswa dan pembuatan instrument penilaian sikap. Hal ini diketahui dari perbandingan hasil pre test dan post test. Pada hasil pre test hanya 23% peserta yang memiliki kriteria baik, 54% cukup dan 23% kurang. Namun pada hasil post test, 90% peserta memperoleh nilai dengan kriteria baik, 10% memiliki nilai kriteria cukup dan tidak ada lagi peserta yang memperoleh nilai dengan kriteria kurang.References
Imtihan, Nurul ; Darmiyati Zuchdi, ; Istiyono Edi. (2017). Analisis problematika penilaian afektif peserta didik madrasah aliyah. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana, 6, 63–80.
Kurniawati, D., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 640–648. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/387
Lubis, L. H., Febriani, B., Yani, Y., Rambe, E., Tinggi, S., & Tarbiyah, I. (2022). Analysis of Improving the Quality of Teacher ’ s Work with Good Communication Pattern from the Madrasah Principle at MIN Padang Bulan Rantauprapat. 6(2), 2326–2331.
Malone, D. (2015). The Delta Kappa Gamma Bulletin. International Journal for Professional Education, 82(1), 51–58. https://www.dkg.org/DKGDocs/2017_Jour_83-3_Systems-to-Address-Quality-Teaching.pdf
Muslich, M. (2014). Pengembangan Model Assessment Afektif Berbasis Self Assessment dan Peer Assessment di SMA Negeri 1 Kebomas. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 143–148.
Nurlailah, S., & Hamdu, G. (2021). Implementasi Assessment Sikap Berpikir Kritis Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 309. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.390
Poerwanti, J. I. S., & Winarni, R. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Merancang Instrumen Assessment for Learning Berbasis Portofolio Pada Guru-Guru Sekolah. Jurnal Widya Laksana, 10(1), 44. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28423
Rukiyati, R. (2019). Pendidikan Moral Di Sekolah. Humanika, 17(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/hum.v17i1.23119
Safitri, K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 111. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352
Saparudin, Y. (2021). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Membuat Penilaian. Jurnal Ilmiah Edukasia (JIE), 1(1).
Widhaningsih, L., & Mawardi, M. (2021). Instrumen Penilaian untuk Mengukur Sikap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 467–474. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.34931
Zuhera, Y., Habibah, S., & Mislinawati. (2017). KENDALA GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PROSESPEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 14 BANDA ACEH | Zuhera | Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 73–87. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/2534
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).