BIMBINGAN TEKNIK KOMUNIKASI BAGI PENGURUS OSIS SISWA SMK NEGERI 1 NARMADA

Authors

  • Nurmiwati Nurmiwati Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Made Suyasa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sri Maryani Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Mulyani Thursina Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Arfah Arfah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v6i3.14568

Keywords:

Guidance, Technique, Communication.

Abstract

Abstrak: Peningkatan kemampuan siswa yaitu 75% dari 20 orang siswa. Kegiatan bimbingan teknik komunikasi yang dilakukan oleh tim pengabdian pada masyarakat kepada siswa pengurus OSIS SMKN 1 Narmada sebanyak 20 orang merupakan bentuk tindak lanjut dari adanya kekurangan siswa dalam teknik dalam berkomunikasi, oleh karena itu kegiatan ini lakukan untuk membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam menyusun kegitan komunikasi baik lisan maupun tulisan. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah dan praktik dalam kegiatan bimbingan. Hasil kegiatan bimbingan menunjukan bahwa proses bimbingan yang dilaksanakan dapat memberi peningkatan terutama dalam peningkatan kecakapan untuk menghasilkan kegiatan komunikasi lisan maupun tulisan yang sesuai dengan kaidah dalam kebahasaan yang baik dan benar.

Abstract: Improved students' abilities, namely 75% of 20 students. The communication technique guidance activity was carried out by the community service team for the Intra School Student Organization of SMKN 1 Narmada as a follow-up to the lack of students in communication techniques. This activity is undertaken to assist students to improve their ability to organize communication activities both orally and written. The method employed in the community service is the lecturing and practicing methods. The results of the guidance activities showed that the guidance process performed can provide improvements, especially in increasing skills to produce oral and written communication activities that are in accordance with the rules of language.

References

Affiifi, Dll. 2014. “Penggunaan Teknik Mind Mapping Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: vol? issue?7–31.

Afnarius, Surya et al. 2019. “Pengabdian Masyarakat Perancangan Konseptual Aplikasi Surat- Perancangan Konseptual Aplikasi Surat-Menyurat Integrasi Data Kependudukan Di Nagari Koto Gadang Dengan.†(1511521022).

Akbar, M. A. (2023). Bimbingan sitasi untuk meningkatkan referensi dan meminimalisisr plagiasi pada karya tulis ilmiah mahasiswa. 6(1), 206–212.

Faisal, Y., & Mahsyar, A. (2019). Pembimbingan Kader Pemuda Motivator Pelestari Lingkungan Hidup. Journal of Character Education Society, 2(1), 19–23. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES

Ihsani, B. Y., Untari, T., & Darmutika, L. A. (2018). Pelatihan Penulisan Surat Dinas Pada Perangkat Kantor Desa Jatisela Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 23. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.70

Ismail, H., Nizaar, M., Maryani, S., Nurmiwati, N., Hidayati, H., Haifaturrahmah, H., & Erwin, E. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Karya Ilmiah. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/6510

KE, M. (2016). No Title مقياس مقترح لتقييم جودة. جلة الإداري، معهد الإدارة العامة، سلطنة عمان، مسقط:, 147(March), 11–40.

Maulana Aieb. (n.d.). No Title. In Komunikasi Tertulis: Arti, Manfaat, Contoh, dan Cara Meningkatkannya. 24 Agu 2022. https://glints.com/id/lowongan/komunikasi-tertulis/

Nurcahya, A. (2012). No Title. tikesmuhgombong.blogspot.com/2012/04/komunikasi-organisasi_2607.html#

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. BPF.

Nurjani. (2022). Pembinaan Kegiatan Pramuka Untuk Meningkatkan. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 620–628.

Nurmiwati, N., Akbar, M. A., Mandala, H., Erwin, E., & Thursina, M. (2022). Pelatihan Konsep Surat-Menyurat: Sebuah Upaya Peningkatan Pembuatan Surat-Menyurat Pada Mahasiswa. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 707–714.

Pujiatna, T., Mascita, D. E., & Gloriani, Y. (2019). Pembinaan Tata Bahasa Indonesia Pada Administrasi Surat-Menyurat Dan Ruang Publik. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 170. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2851

Putera, L. J., & Khairussibyan, M. (2018). Pelatihan Penulisan Kreatif Terstruktur. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 52. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.114

Setiawan, H. R. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47–67. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1081

Susilawati, E. (2016). Komunikasi Organisasi di SMK. Manajer Pendidikan, 10(2), 138–142. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/viewFile/1247/1044

Susilawati, E. (2016). Komunikasi Organisasi di SMK. Manajer Pendidikan, 10(2), 138–142. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/viewFile/1247/1044

Tarigan Henry Guntur. (2015). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Zamrodah, Y. (2016). Kajian Teori Komunikasi. 15(2), 1–23.

Downloads

Published

2023-07-10

Issue

Section

Articles