PELATIHAN LESSON STUDY DAN PENULISAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KABUPATEN SAROLANGUN

Authors

  • Silvia Fitriani Universitas Batanghari Jambi
  • Uli Wahyuni Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1469

Keywords:

Lesson Study, Penelitian Tindakan Kelas, Pelatihan.

Abstract

Abstrak: Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk peningkatkan dan perbaikan praktek pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru.Khalayak sasaran dalam pengabdian ini adalah guru Sekolah Menengah Kejuruan khususnya SMK Negeri 13 kabupaten Sarolangun. Metode pelaksanaan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, wawancara dan pelatihan. Metode penyampaian informasi dilakukan dengan ceramah umum, diskusi dan tanya jawab kepada seluruh peserta. Metode wawancara digunakan untuk menanyakan sejauh mana guru memahami materi dari ceramah umum yang telah disampaikan pengabdi. Metode pelatihan diterapkan untuk melatih guru dalam melaksanakan Lesson Study di kelas dan menyusun PTK. Hasil yang diperoleh dalam pengabdian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri 13 Kabupaten Sarolangun telah mampu memahami materi tentang pengertian dan karakteristik Lesson Study dan PTK, tujuan dan kemanfaatan Lesson Study dan PTK, bentuk-bentuk PTK, membuat rancangan PTK, dan penerapan Lesson Study dan PTK. Manfaat bagi pimpinan sekolah untuk menambah koleksi sekolah berupa laporan PTK, untuk menambah angka kredit saat sekolah ada akreditasi dan untuk mengembangkan kurikulum.

Abstract: Community service is aimed at improving teachers’ learning practices. The subject of this community service is the teacher of SMK Negeri 13 Sarolangun. The methods used are lecture, discussion, question and answer, interviews and training. The methods of delivering materials are public lecture, discussion and question and answer to all participants. The interview method is used to ask how far the teacher understands the material from the public lecture that has been delivered by the devotees. Training methods are applied to train teachers in developing Lesson Study and classroom action research (CAR). The results obtained in this devotion are all teachers have been able to understand material about the definition and characteristics, purpose and expediency, forms, make the design, and can apply of  Lesson Study and Action Research. For school leaders to add a collection of schools of Action Research reports, to increase the credit score accreditation and to develop curriculum.

References

Fong, M W. 2015. “Effects of Lesson Study Incorporating Phase-Based Instruction on Grade Seventh Students’ Geometry Achievement.†In 7th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics Education. Cebu City, Philippines,.

Fujii, T. 2015. “Lesson Study for Improving Quality of Mathematics Education.†Paper presented at the EARCOME 7. Philippines.

Hendriana, Heris, and M Afrilianto. 2017. “Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.†Bandung: Refika Aditama.

Intaros, Pimpaka, and Maitree Inprasitha. 2019. “How Students’ Mathematical Ideas Emerged through Flow of Lesson in Classroom Using Lesson Study and Open Approach.†Psychology 10(6): 864–76.

Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Dan. 2016. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.â€

Kunandar, S Pd, and M Si. 2008. “Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.†Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Makino, Tomohiko, and Keiko Hino. “A MID-CAREER TEACHER’S LEARNING FROM STUDENTS’THINKING AND ACTIONS: A LESSON STUDY.†ICMI-EARCOME8: 114.

Sato, Manabu. 2014. “Mereformasi Sekolah: Konsep Dan Praktek Komunitas Belajar.†Tokyo: JICA Publication, Translation.

Situmorang, Manihar. 2010. “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Mata Pelajaran Kimia (Dengan Suplemen).â€

Suyanto, Bagong. 2011. “Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan.†Jakarta: Prenada Media.

Widiadi, Aditya Nugroho, and Indah Wahyu Utami. 2017. “Praksis Lesson Study For Learning Community Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Sekolah Menengah Pertama Melalui Kolaborasi Kolegial Guru Dan Dosen.†Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 1(2): 77–88.

Downloads

Published

2020-01-06

Issue

Section

Articles