PENULISAN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DEKORASI RUMAH DALAM ERA DIGITAL (STRATEGI PEMASARAN DARING)

Authors

  • Irma Novida Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Syihaabul Hudaa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Yumniati Agustina Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v2i2.1487

Keywords:

Home Industri, Penjualan Daring, Strategi Pemasaran Daring

Abstract

Abstrak: Produk dekorasi rumah umumnya hanya dijual secara langsung di toko atau di sentra khusus dekorasi rumah. Akan tetapi, hal tersebut berdampak pada penurunan nilai penjualan, karena produk ini bukanlah barang konsumsi yang dibutuhkan setiap harinya. Salah satu agen transisi penjualan berbasis daring yang dikaji oleh peneliti adalah Asna Home. Asna Home merupakan salah satu toko yang menjual produk berbasis daring dengan mengoptimalisasikan media seperti Instagram. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji penjualan produk dekorasi rumah menggunakan sistem daring. Peneliti menilai keefektivitasan penjualan menggunakan sistem daring dengan menggunakan metode survei dan wawancara kepada pemilik Asna Home Decor. Melalui metode survei dan wawancara, peneliti memeroleh data secara objektif, kemudian akan dianalisis peningkatannya dari penjualan secara langsung dengan menggunakan sistem daring. Penelitian ini nantinya dapat ditinjau dan diaplikasikan untuk produk lainnya dengan tujuan yang serupa, yaitu meningkatkan penjualan produk nonkomsumsi yang terkadang memerlukan waktu yang lama untuk laku terjual. Menggunakan strategi penjualan daring, produk Asna Home Decor mengalami peningkatan penjualan yang signifikan sebesar 30% dari tahun sebelumnya.

 

Abstract:  Home decoration products are generally only sold directly in stores or in special home decoration centers. However, this has an impact on the decline in sales value, because this product is not a consumer item that is needed every day. One of the online-based sales transition agents reviewed by researchers is Asna Home. Asna Home is one of the stores that sell online-based products by optimizing media such as Instagram. The purpose of writing this article is to examine the sales of home decorating products using an online system. The researcher assessed the effectiveness of sales using the online system using survey and interview methods to the owner of Asna Home Decor. Through survey and interview methods, researchers obtain data objectively, then the increase will be analyzed directly from sales using an online system. This research can later be reviewed and applied to other products with a similar goal, namely to increase sales of non-consumption products, which sometimes require a long time to sell. Using an online sales strategy, Asna Home Decor products experienced a significant sales increase of 30% from the previous year.

References

Ramos, dkk. (2019). Perancangan Aplikasi Penjualan Pengrajin Songket Palembang Dengan Penerapan Strategi Cross Selling Dan Up Selling Berbasis Online. Sistemasi, 8(1), 161. https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.426

Anita Cicilia Harimurti, Agriani Hermita Sadeli, H. N. U. dan G. W. M. (2007). Strategi Peningkatan Kinerja Atribut Produk Sayuran Melalui Pemasaran Online Dalam Upaya Meraih Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Pasar Kecil Bandung). 67(6), 14–21.

Hudaa, S. (2018). Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Student Active Learning Di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Bahastra, 38(1), 69. https://doi.org/10.26555/bahastra.v38i1.7300

Mediyawati, N., Lustyantie, N., & Emzir, E. (2019). M E D I A: Designing A Model Of Ifl Learning Materials For Foreign Workers. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.22245

Oviliani Yuliana. (2000). Penggunaan Teknologi Internet Dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 36–52.

Prawita Sari, A., Kusuma Negara, I. M., & Suardana, I. W. (2016). Strategi Pemasaran Paket Wisata Melalui Media Online Di Truly Asia Tour and Travel. Jurnal IPTA, 4(1), 74. https://doi.org/10.24843/ipta.2016.v04.i01.p13

Prayustika, P. A. (2016). Kajian Literatur: Manakah yang lebih efektif? Traditional Word of Mouth atau Electronic Word of Mouth. Jurnal Matrix, 6(3), 168–173.

Rahmania, F. D., Soetjipto, B. E., & Rahayu, W. P. (2018). Online Marketing Using Social Media Performed by Star-Up Entrepreneurs in Kediri Regency. Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(5), 641–647.

Reza, F. (2016). Strategi promosi penjualan. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.6

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71–90.

Wibowo, A. (2015). Arie Wibowo : Strategi Promosi Event ...... Jurnal Visi Komunikasi, 14(02), 180–191.

Yundayani, A., Emzir, E., & Rafli, Z. (2018). Need Analysis: The Writing Skill Instructional Material Context For Academic Purposes. English Review: Journal of English Education. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i1.771

Downloads

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles