SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA MUTU DAN DAYA PIKAT KEMASAN PRODUK

Authors

  • Syurwana Farwita Samuddin Universitas Indonesia Timur
  • Beddu Lahi Universitas Indonesia Timur
  • Ramli Toalib Universitas Indonesia Timur
  • Gazali Gazali Universitas Indonesia Timur

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v1i2.1519

Keywords:

Sosialisasi, Mutu, Kemasan, Produk

Abstract

Keberhasilan suatu produk di pasar, didukung beberapa hal penting, diantaranya kemasan. Peran penting kemasan pada sebuah produk yang akan dijual. Selain bisa menambah nilai estetika, desain kemasan juga bisa menarik perhatian sekaligus bahan promosi.Selain itu produk yang sudah memasuki proses kemas biasanya juga bisa bertahan lebih lama serta bisa melindungi produk dari bahaya kerusakan saat proses pendistribusian. Kemasan adalah pembungkus atau wadah yang biasa dimanfaatkan untuk mencegah atau meminimalisasi adanya kerusakan pada barang di dalamnya. Adapun definisi pengemasan adalah suatu proses memberi wadah atau pembungkus untuk suatu produk. Misalnya, melindungi dari sinar matahari secara langsung, kelembaban udara, oksigen, pemcemaran dari virus atau kumas, dan benturan. Pengemasan produk bisa digunakan sebagai media petunjuk bagi konsumen melalu informasi atau tanda yang terdapat pada kemasannya. Berdasarkan pertimbangan itu, Dosen Universitasn Indonesia Timur (UIT) Makassar, yang terdiri dari dosen Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, menggelar sosialisasi akan pentingnya mewujudkan kemasan produk yang baik, kepada sejumlah Usaha Kecil Mikro (UKM) di Kota Makassar, dihadiri kurang lebih 15 pelaku usaha.

References

Amstrong, K. dan. (2010). Pengertian kualitas produk. Jackson R.S. Weenas - Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.

Hanidah II; Santoso MB ; Mardawati E; Setiasih IS. (2018). Pemberdayaan Pengrajin “Pindang Cue†Desa Jayalaksana Melalui Teknik Pengemasan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat I, 7(1), 14–18.

Herawati, H. (2008). Penentuan umur simpan pada produk pangan. Jurnal Litbang Pertanian.

Kartawan, K., Rinandiyana, L., & Kurniawan, D. (2016). Pengembangan Usaha Melalui Peningkatan Kemampuan Bersaing Produk Umkm Dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 21(2).

KemenkesRI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 28 Tahun 2013. , Kementrian Kesehatan Republik Indonesia § (2013).

Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2012). Packaging Desing. Successful Product Branding from Concept to Shelf, John Wiley&Sons. In Inc., New Jersey.

Philip Kotler dan Gery Amstrong. (2012). pengaruh lokasi, kualitas pelayanan terhadap keputusaan pembelian.

Rachmat, A. R., & Pamungkas, A. (2014). Faktor-Faktor Kerentanan yang Berpengaruh Terhadap Bencana Banjir di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Teknik Pomits.

Susetyarsi, T. (2012). Kemasan produk di tinjau dari bahan kemasan,bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap kehhghffffputusan pembelian pada produk minuman mizone di kota semarang. Jurnal STIE Semarang.

Widiastini, N. M. A., Arini, R. P., & Andiani, N. D. (2014). Pengemasan makanan lokal sebagai produk wisata kuliner di Bali. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 19(2), 121–133.

Downloads

Published

2018-07-30

Issue

Section

Articles