PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19 BAGI GURU SD (PEMBUATAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE)
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v3i2.2340Keywords:
Media, Evaluasi Pembelajaran, Online.Abstract
Abstrak: Tujuan pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan membuat dan menggunakan Media Evaluasi Pembelajaran berbasis online kepada para guru SD di KKG Wilayah VII Kecamatan Sunggal. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode direct (langsung), yaitu tim secara langsung memberikan pelatihan kepada para peserta, dan peserta masing-masing dengan perangkat laptopnya melakukan langkah-langkah pembuatan media evalusi pembelajaran online yang diajarkan oleh pemateri/pelatih. Hasil yang dicapai dari program ini adalah 75% dari peserta mampu membuat media evaluasi pembelajaran online yang dilatihkan kepada mereka, dan dapat menerapkannya dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran yang mereka lakukan di sekolah masing-masing.
Abstract: The purpose of the implementation of the Community Partnership Program (CPM) is to provide knowledge and skills of elementary school teachers in the KKG Region VII of the Sunggal District, in creating and using online-based Learning Evaluation Media. The method used in this activity is the direct method, ie; the team directly provides training to the participants, and each participant with his lap-top device carries out the steps of making an online learning evaluation media taught by the speaker/trainer. The results achieved from this program were 75% of the participants were able to create an online learning evaluation media that was trained on them, and could apply it in evaluating learning that they did in their respective schools.
References
Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.
Fuady, M. J. (2016). PENGEMBANGAN APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK PENDIDIKAN JARAK JAUH Muhammad Jauharul Fuady. Tekno, 26(September), 148–154.
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Iqbal, W. M. G., Fadhilah, R., & Hadiarti, D. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Koloid Kelas Xi Di Sma Koperasi Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1). https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.937
Khorsandi, M., Kobra, A., Ghobadzadeh, M., Kalantari, M., & Seifei, M. (2012). Online vs. Traditional Teaching Evaluation: A Cross-Sectional Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 481–483. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.145
Nardi, A. (2018). Evaluating online learning: a review of studies on e-testing in the university context. Form@re : Open Journal per La Formazione in Rete, 18(1), 179–191. https://doi.org/10.13128/formare-22553
Nurzannah, Haidar Putra Daulay, D. S. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Di Man 1 Medan. Analytica Islamica, 7(2), 148–166.
Pamungkas, N. T. S., & Hakim, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Computer Test ( CBT ) Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang di SMA Negeri 1 Puri Mokokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07(01), 90–95.
Rachmawati, R., & Kurniawati, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis Mobile Online Pada Prodi Pendidikan Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 46. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.1891
Rolisca, R. U. . & B. N. A. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator dalam Mata Pelajaran Akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1), 41–48.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Sahidu, H., Gunawan, G., Indriaturrahmi, I., & Astutik, F. (2017). Desain Sistem E-Assessment Pada Pembelajaran Fisika Di Lptk. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 265. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.422
Susilowati, E. & B. A. . (2013). Pengembangan Sistem Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web Studi Kasus: di SMA Negeri 1 Surakarta. IJCCS, 7(2), 199–208.
Z. Bahri; Sukamto. (2017). Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Php dan MYSQL. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 2(2), 55–64.
Zahara, N. (n.d.). No TitleEVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS WEB SEBAGAI ALAT UKUR HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).