PEMENUHAN HAK BELAJAR SISWA MELALUI PKM LESSON STUDY

Authors

  • Rusdiana Junaid Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Rusli Baharuddin Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2445

Keywords:

Lesson Study, Bimbingan Teknis, Hak Belajar Siswa.

Abstract

Abstrak: Mitra pada kegiatan ini adalah guru-guru SMP Negeri 8 Palopo masih belum maksimal dalam melaksanakan penelitian/publikasi ilmiah dan pemenuhan hak belajar peserta didik. Lebih dari 85% siswa harus melakukan remedial ujian akhir semester agar memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Program kemitraan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan guru-guru SMP Negeri 8 Palopo tentang pelaksanaan penelitian lesson study dan mampu menyusun Artikel ilmiah melalui jurnal dan seminar nasional. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra, metode pelaksanaan yang ditawarkan adalah workshop lesson study dan Bimbingan teknis penulisan atikel ilmiah. Hasil dari kegiatan ini adalah dua artikel ilmiah yang dipublikasi melalui jurnal nasional, satu artikel ilmiah yang dipublikasi melalui seminar nasional dan meningkatnya pengetahuan guru dalam pemenuhan hak belajar siswa.

Abstract: The partners in this activity are the teachers of SMP Negeri 8 Palopo who are still not maximal in carrying out scientific research / publications and fulfilling the learning rights of students. More than 85% of students must remedial the final semester exams in order to meet the minimum completeness criteria. This partnership program aims to increase the knowledge of SMP Negeri 8 Palopo teachers about the implementation of lesson study research and be able to compile scientific articles through national journals and seminars. Based on the problems faced by the partners, the implementation method offered is a lesson study workshop and technical guidance on writing scientific articles. The results of this activity were two scientific articles published through national journals, one scientific article published through national seminars and increased teacher knowledge in fulfilling students' learning rights.

References

Ambarsari, L., & Harun, H. (2018). Sekolah Ramah Anak Berbasis Hak Anak Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 10. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6111

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.316

Coenders, F., & Verhoef, N. (2019). Lesson Study: professional development (PD) for beginning and experienced teachers. Professional Development in Education, 45(2), 217–230. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1430050

Doig, B., & Groves, S. (2011). Japanese Lesson Study : Teacher Professional Development through Communities of Inquiry. Mathematics Teacher Education and Development, 13(1), 77–93.

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105

Harimurti, E. R. (2018). ACTIVITIES CENTRE EDUCATIONAL PROGRAM LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A SALEMBA IN ORDER TO FULFILL CHILDREN ’ S Tujuan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana tercantum. UNES Journal of Social and Economics Research, 3(2), 243–252.

Hikmawati, H., & Jufri, A. W. (2020). PKM Kelompok Guru IPA dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Lesson Study di SMP Negeri 16 Mataram. Jurnal PEPADU, 1(2), 207–212.

Juano, A., & Ntelok, Z. R. E. (n.d.). LESSON STUDY SEBAGAI INOVASI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN.

Jumarniati, J., Baharuddin, M. R., & Hisani, W. (2020). PKM KELOMPOK PETANI KELAPA BONE-BONE KABUPATEN. 4(4), 6–9.

Jumarniati, J., Ristia Kartika, D. M., & Baharuddin, M. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Program Linear Melalui Lesson Study. MaPan, 6(2), 187–198. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a5

Junaid, R., Baharuddin, M. R., & Ramadhana, M. A. (2020a). BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-GURU SMP NEGERI 8 PALOPO, SULAWESI SELATAN. Abdimas Siliwangi, 03(01), 49–59.

Junaid, R., Baharuddin, M. R., & Ramadhana, M. A. (2020b). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui PKM Lesson Study. To Maega, III(1), 122–129.

Subaji, T. (2010). Lesson Study Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas).

Subaji, T. (2013). Lesson Study sebagai Inovasi Pendidikan.

Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789

Downloads

Published

2020-10-20

Issue

Section

Articles