PENDAMPINGAN PEMBUATAN DAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE DI SMA

Authors

  • Erniwati Erniwati Universitas Halu Oleo Kendari http://orcid.org/0000-0002-3431-6463
  • M. Sirih Universitas Halu Oleo
  • Hasnawati Hasnawati Universitas Halu Oleo
  • Lili Darlian Universitas Halu Oleo
  • Ahdiat Agriansyah Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2894

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Lectora Inspire, Pendidikan, Pengembangan.

Abstract

Abstrak: Pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran berbantuan software lectora inspire dapat membantu guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran baik dalam bentuk offline maupun online di SMA Wahdah Islamiayah Kendari.  Tahap kegiatan pengabdian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan pendampingan dan pengembangan perangkat pembelajaran, dan tahap evalausi dan refleksi. Hasil kegiatan  sangat bermanfaat bagi guru dalam meningkatkan kemampuan mengembangkan perangkat pembelajaran namun masih perlu kegiatan pembimbingan lanjutan yang lebih intensif sesuai dengan tanggapan peserta terhadap kebermanfaatan kegiatan pelatihan yang mencapai 98,75 % . Sedangkan pengetahuan operasinalisasi, pembuatan dan hasil karya sangat baik (81,6 %) serta  pengembangan perangkat sudah baik (73,75 %). Selain itu ada peningkatan prosentase pemahaman dan penguasaan materi peserta dari 70 % menjadi 80,86 % dengan kategori sangat baik.

Abstract: Assistance device manufacture software lectora inspire assisted learning can help teachers develop learning device in the form of off line and on line at senior high school Wahdah Islamiyah Kendari.  Stage service activities include the preparation phase, the implementation phase assistance and the development of learning tools and evaluation stage and reflection. The results of the activities are very useful for teachers in improving the ability to develop learning tools, but there is still a need for more intensive follow-up guidance activities according to participants' responses to the benefits of training activities which reached 98.75%. Meanwhile, the knowledge of operationalization, manufacture and work was very good (81.6%) and the development of tools was good (73.75%). In addition there is an increase in the percentage of participants understanding and mastery of materials from 70% to 80.86% with very good categories.

Author Biographies

Erniwati Erniwati, Universitas Halu Oleo Kendari

Jurusan Pendidikan Fisika

M. Sirih, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Biologi

Hasnawati Hasnawati, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Matematika

Lili Darlian, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Biologi

Ahdiat Agriansyah, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Biologi

References

APRIYANTI, Y. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI GETARAN HARMONIS (Vol. 1). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758

Arman, A. (2016). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMAN. Manajemen Pendidikan, I(1), 55–62.

Aswal, A., Hunaidah, H., & Erniwati, E. (2019). Development of Lesson Plan (LP) with Software Lectora Inspire Assisted Problem-Based Learning in Improving Learning Outcomes for Senior High School. Indonesian Review of Physics, 2(2), 40–52. https://doi.org/10.12928/irip.v2i2.1177

Atmojo, S. E., & Lukitoaji, B. D. (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Terintegrasi Nilai Karakter Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Terapan Abdimas, 4(1), 97. https://doi.org/10.25273/jta.v4i1.3824

Gunawan, Harjono, A., & Sahidu, H. (2019). PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU MADRASAH DI KOTA MATARAM. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 53(9), 275–282. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hanisa, Syamwil, & Susanti, D. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri Di Kota Padang (Tinjauan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). EcoGen, 1(2), 371–378.

Hima, L. R., & Samidjo. (2019). Pengembangan MILEA (Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding of Biology Education, 3(1), 134–139. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.16

Hunaidah, Erniwati, Tahang, L., Sukariasih, L., Galib, L. M., Anas, M., … Vivi Hastuti Rufa Mongkito. (2019). VALIDITY AND EFFECTIVENESS LESSON PLAN OF PHYSIC LEARNING ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) MODEL ASSISTED BY LECTORA INSPIRE SOFTWARE TO IMPROVE THE SKILLS OF SCIENTIFIC ARGUMENTATION OF HIGH SCHOOL STUDENTS. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 8(2), 1722. https://doi.org/10.26740/jpps.v8n2.p1722-1726

Kustijono, R., & Wiwin HM, E. (2014). Pandangan Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fisika Smk Di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1–11. https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n1.p1-14

Mudinillah, A. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Penelitian Ipteks, 4(2), 248–258.

Nursidik, H., & Suri, I. R. A. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583

Putri, I. A., Siswoyo, S., & Indrasari, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 71–78.

Setiyasih, R. M. (2016). KESESUAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP SE-KECAMATAN PULOSARI KABUPATEN PEMALANG. Piwulang, 4(1), 1–5.

Suherman, A. (2010). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dalam Mempersiapkan Guru Smk Rsbi Guna Memenuhi Tuntutan Standar Proses. Prosiding APTEKINDO, 6(1), 149–160.

Wahyuni, E., Panre, A. M., Made, G., Friandari, V., Hunaidah, & Erniwati. (2019). Development of Physics Lesson Plan with Doscovery Learning Model Assisted by Software Lectora Inspire. Indonesia Journal of Educarional Reseracheserach, 4(2), 82–87.

Downloads

Published

2020-10-30

Issue

Section

Articles