PENGAYAAN E-COMMERCE VISUAL MERCHANDISING UNTUK PRODUK UMKM ANSOR RITEL KABUPATEN SERANG

Authors

  • Arum Wahyuni Purbohastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asmi Ayuning Hidayah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Farah Putri Wenang Lusianingrum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v4i4.5593

Keywords:

Pendampingan, Skill SDM, e-commerce, visual merchandising.

Abstract

Abstrak: Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Serang di Oktober Tahun 2020 ini menembus angka 25.000 mengalami peningkatan sebelumnya di awal tahun 2020 baru mencapai 16.000 UMKM. Gerakan Pemuda Ansor Propinsi Banten sebagai organisasi massa kepemudaan terbesar di Propinsi Banten menangkap potensi pemuda yang bergerak di bidang UMKM sangat tepat menajadi alternatif pemberdayaan ekonomi sekaligus Salah satu yang dilakukan oleh GP Ansor yaitu dengan menciptakan wirausaha muda melalui UMKM Ansor ritel. Melalui UMKM Ansor ritel diharapkan mampu membangun sebuah ekosistem bagi anggota Ansor khususnya kabupaten Serang. Namun di era digital ini, Ansor ritel membutuhkan keterampilan untuk menghadirkan produk yang menarik konsumen, dimana penjualan dilakukan secara offline dan online. Tujuan dari kegiatan ini antara lain meningkatkan skill SDM pelaku UMKM Ansor ritel cara membuat tampilan desain produk agar menarik minat konsumen dan meningkatkan skill SDM pelaku UMKM binaan Ansor ritel dalam Teknik memfoto produk dengan bantuan alat visual merchandising agar menarik minat konsumen. Hal ini yang melatarbelakangi pentingnya untuk dilakukan pendampingan dari pihak Perguruan Tinggi dengan menggunakan metode pendampingan dan pelatihan e-commerce visual merchandising. Hasil dari kegiatan ini yaitu wirausaha muda UMKM Ansor ritel mampu menggunakan alat foto studio mini visual merchandising.

Abstract: Number of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Serang Regency in this October 2020 has broken through the 25,000 mark, it has increased previously, at the beginning of 2020, it had only reached 16,000 MSMEs. Banten Province Ansor Youth Movement as a youth mass organization largest in Banten Province captures the potential of youth engaged in the field of MSMEs are very appropriate to be an alternative to economic empowerment as well as Wrong One thing that GP Ansor does is by creating young entrepreneurs through retail Ansor SMEs. Through retail Ansor SMEs, it is hoped that they can build an ecosystem for Ansor members, especially Serang district. But in this digital era, retail Ansor needs skills to presenting products that attract consumers, where sales are made offline and online. The purpose of this activity is to improve the HR skills of retail Ansor MSME actors to make product design displays to attract consumers' interest and improve the HR skills of MSME actors assisted by retail Ansor in the technique of photographing products with the help of visual merchandising tools to attract consumer interest. This is why it is so important to do assistance from the Universities using the . method visual merchandising e-commerce mentoring and training. The result of this activity is that young entrepreneurs of retail Ansor SMEs are able to use mini visual merchandising photo studio tools.

References

Arifah, F. Q., & Saputri, M. E. (2018). El ecfecto de la comercialización visual en la compra de impulsos - Miniso de Bandung Indonesia. Sosiohumanitas, XX(1), 109–123.

Bhatti, K. L., & Latif, S. (2014). The Impact of Visual Merchandising on Consumer Impulse Buying Behavior. Eurasian Journal of Business and Management, 2(1), 24–35.

C,K, Laudon and traver. (2017). E-Commerce 2014 (10th Editi).

Clarissa, F. (2019). Mengguynakan Online Visual Merchandising Untuk toko Anda. http://www.clarissafalls.com/2019/10/08/menggunakan-online-visual-merchandising-untuk-toko-anda/

Ekawati, S., & Sha, T. L. (2019). Implementasi Strategi Manajemen Ritel Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 48–57. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4316

Faribi, A. (2020). Bangun Ekosistem Kemandirian Ekonomi Organisasi, PC GP Ansor Jombang Gerakkan Program Sahabat Retail Nusantara. RMol Jatim. https://www.rmoljatim.id/2020/09/24/bangun-ekosistem-kemandirian-ekonomi-organisasi-pc-gp-ansor-jombang-gerakkan-program-sahabat-retail-nusantara

Fring G.S. (2014). Fashion: from concept to customer (9th editio).

Hasanudin, D. (2020). BLT UMKM, Diskoperindag Kabupaten Serang. Kabarbanten. https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/bisnis/pr-59791287/blt-umkm-diskoperindag-kabupaten-serang-sampaikan-ini

Hasbahuddin, S., & Ilham, M. (2018). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume, 1(2012).

Kasmi, K., & Candra, A. N. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal AKTUAL, 15(2), 109. https://doi.org/10.47232/aktual.v15i2.27

Mohammad Mahmoudi Maymand. (2012). Impulse buying: the role of store environmental stimulation and situational factors (An empirical investigation). African Journal of Business Management, 5(34). https://doi.org/10.5897/ajbm11.2112

Nainggolan, E. (2020). UMKM bangkit,ekonomi Indonesia terungkit. Artikel DJKN. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Pancaningrum, E. (2017). Visual Merchandise Dan Atmosfer Toko: Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Impuls. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 17(1), 23–40.

Vellina, V., & Nugroho, A. (2020). PENGARUH VISUAL KEMASAN PADA PRODUK PRIVATE LABEL MINIMARKET ALFAMART TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN [ The Influence of Packaging ’ s Visual of Alfamart Minimart Private Label on Buying Decision ]. Jurnal Titik Imaji, 3, 51–59. http://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/ Hasil

Yasa, A. (2018). GP Ansor Dorong Pemberdayaan UMKM. https://ekonomi.bisnis.com/read/20180425/87/788397/gp-ansor-dorong-pemberdayaan-umkm

Downloads

Published

2021-10-30

Issue

Section

Articles