PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING UNTUK GURU SD

Authors

  • Harja Santana Purba Universitas Lambung Mangkurat
  • Mitra Pramita Universitas Lambung Mangkurat
  • Delsika Pramata Sari Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i2.6369

Keywords:

Pelatihan, Media Pembelajaran Interaktif, iSpring, Guru SD.

Abstract

Abstrak: Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring dalam mengoptimalisasikan pembelajaran untuk guru SD Tanah Bumbu. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring dalam mengoptimalisasikan pembelajaran, yaitu (1) memberikan penjelasan tentang aplikasi iSpring secara mendasar, (2) mengenalkan pengembangan media pembelajaran menggunakan iSpring, dan (3) diskusi dan tanya jawab antara narasumber dan peserta pelatihan. Metode penjaringan peserta dilakukan dengan bekerjasama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Kabupaten Tanah Bumbu. Peserta pelatihan sebanyak 29 guru dari beberapa sekolah. Berdasarkan simpulan survei dengan Google Form yang dilakukan oleh tim PkM, diperoleh bahwa guru-guru SD di Kabupaten Tanah Bumbu sebagai peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring. Kegiatan pelatihan ini hendaknya dilakukan secara berkelanjutan dalam implementasi penggunaan aplikasi iSpring yang dilakukan guru-guru tidak terbatas hanya di tingkat SD tetapi juga di tangkat SMP, dan SMA.

Abstract:  The aim of this community service was to provide training in making interactive learning media using iSpring in optimizing learning for Tanah Bumbu Elementary School teachers. The methods used in the training activities for making interactive learning media using iSpring in optimizing learning, namely (1) providing an explanation of the basic iSpring application, (2) introducing the development of learning media using iSpring, and (3) discussing and asking questions. The method of selecting participants was carried out in collaboration with the Teacher Working Group of Elementary School in Tanah Bumbu Regency. The training participants were 29 teachers from several schools. Based on the conclusion of a survey using Google Forms conducted by the community service team, it was found that elementary school teachers in Tanah Bumbu Regency as participants gave a positive response to training activities for making interactive learning media using iSpring. This training activity should be carried out continuously in the implementation of the use of the iSpring application by teachers not only at the elementary level but also at the junior high, and high school.

References

Abrianto, D., & Sitompul, H. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Sikap Inovatif terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(1), 50–62. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1869

Amali, L. N., Kadir, N. T., & Latief, M. (2019). Development of E-Learning Content with H5P and iSpring Features. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012019

Anwar, M. S., Choirudin, C., Ningsih, E. F., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an Interactive Mathematics Multimedia Learning Based on Ispring Presenter in Increasing Students’ Interest in Learning Mathematics. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 135–150. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i1.4445

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2016). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 2(2), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/alphamath.v2i2.1167

Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177–190. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4173

Himmah, F., & Martini. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 73–82. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18834/17190

Kusuma, N. R., Mustami, M. K., & Jumadi, O. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 pada Konsep Sistem Ekskresi di Sekolah Menengah Atas. http://eprints.unm.ac.id/9707/

Mudrikah, S., Kusmuriyanto, & Kardiyem. (2021). Upaya Menumbuhkan Budaya Paperless Melalui Pemanfaatan Ispring Quiz Maker di SMK YPPM Boja. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 89–99. https://doi.org/https://doi.org/10.20956/pa.v5i1.9221

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95. http://repository.uinsu.ac.id/8503/1/Diktat Media Pembelajaran RH 2019.pdf

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Cetakan ke). Rajawali Pers. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1140001

Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156–168. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v18i3.5373

Tani, S., & Ekawati, E. Y. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 7(2), 13–16. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v7i2.31454

Williamson, B., Eynon, R., & Potter, J. (2020). Pandemic Politics, Pedagogies and Practices: Digital Technologies and Distance Education During the Coronavirus Emergency. Learning, Media and Technology, 45(2), 107–114. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1761641

Zakaria, Z., Hadiarti, D., & Fadhilah, R. (2017). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis CBT dengan Software iSpring QuizMaker pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 178–183. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.16709

Downloads

Published

2022-04-23

Issue

Section

Articles