EVALUASI PELATIHAN CEFE DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DI KOTA CIMAHI
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.8333Keywords:
Evaluasi, Pelatihan CEFE, Kemandirian.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas bagaimana pelatihan CEFE telah dievaluasi dalam hal penguatan program kewirausahaan. Penyelidikan menggunakan teknik kualitatif dari sudut pandang Emic. Dengan penelitian evaluatif, penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Untuk proyek ini, Daniel Stufflebeam menciptakan teknik penilaian program model CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian diberikan kepada pelaku UMKM, pendamping, dan koordinator, beserta alat pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Menurut hasil penelitian, evaluasi pelatihan CEFE sangat berguna dalam manajemen pelatihan, terutama untuk menangani masalah di dunia bisnis, kemudian berdasarkan diskusi yang diadakan tentang pelatihan yang lebih terstruktur dan terfokus jika dibandingkan dengan tidak menggunakan model pelatihan dan terakhir manajemen ini menerapkan simulasi nyata pada dunia wirausaha, sehingga model ini sangat baik untuk digunakan para wirausahawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana jalannya evaluasi program pelatihan CEFE.References
A. Strauss & J. Corbin. (1990). Qualitative Research: Grounded theory Procedure and Techniques. Sage Publication.
Abadi, R. F., & Asmiati, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Blended Learning Pada Program Studi Pendidikan Khusus Di Universitas Sultan. 3(2), 344–354.
Anwar. (2006). Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung : Alfabeta.
Arikunto, S. & C. J. S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Edisi kedu). PT. Bumi Aksara.
Bonnes, C. (2020). Approaches to Teaching in Professional Training : a Qualitative Study. 459–477.
Borg and Gall. (1989). Educational Research. New York and London: Longman.
Boyatzis, J. . (1998). Thematic Analysis and Code Development: Transforming Qualitative Information. London and New Delhi. Sage Publications.
Brookfield, S. (1984). Pembelajar Dewasa, Pendidikan Orang Dewasa dan Komunitas (N. Y. Universitas Columbia (ed.)). Pers Perguruan Guru.
Carracedo, F. S., Soler, A., MartÃn, C., López, D., Ageno, A., Cabré, J., Garcia, J., Aranda, J., & Gibert, K. (2018). Competency Maps : an Effective Model to Integrate Professional Competencies Across a STEM Curriculum.
Chu, PH. and Chang, Y. (2017). John W, Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Journal of Social and Administrative Sciences (Vol. 4, Issue June, pp. 3–5).
Fraenkel, J.R., & Wallen, N. E. (2016). How To Design And Evaluate Research In Education (6th ed).
Marzuki, S. (2012). Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Produktif, K., & Pkbm, D. I. (2008). STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM Puji Hadiyanti. 17(April).
Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta : Bumi Aksara.
Taqiyuddin.M. (2008). Pendidikan Untuk Semua: Dasar dan Falsafah Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta : Mulia Press.
Tayibnapis, Y. F. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta : Renika Cipta.
Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).