PEMBINAAN KEGIATAN PRAMUKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISIWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurjani Nurjani Institut Agama Islam Negeri Takengon

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i3.9387

Keywords:

Pembinaan, Kegiatan Pramuka, Motivasi Belajar.

Abstract

Abstrak: Siswa yang masih duduk dibangku sekolah dasar memiliki karakteristik yang unik, untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, maka diperlukan bagaimana guru melakukan pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik siswa. Pengabdian ini dilakukan di SD IT An-Nahl, permasalahannya kurang motivasi siswa dalam belajar, maupun dalam melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Maka penulis memberikan pembinaan kegiatan pramuka kepada siswa tersebut. Permasalahan lainnya ditemukan kegiatan ekstrakurikuler pramuka belum pernah dilakukan di sekolah tersebut, padahal kegiatan pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilakukan dijenjang pendidikan. Pembinaan yang telah dilakukan dapat membangun motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan yang telah dilakukan, karena kegiatan pramuka dirancang sesuai dengan karakteristik siswa, dan diharapkan ketika mereka memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, maka akan mengikut pada pembelajaran lainnya. Kemudian diharapkan kepada guru dapat terus melakukan kegiatan ini ditiap minggunya jangan sampai terhenti pada pengabdian ini saja.

Abstract: Students who are still in elementary school have unique characteristics, to inscrease student motivation in learning, it is necessary how teachers carry out learning that isi adapted to student characteristics. This service is carried out at SD IT An-Nahl, the problem is the lack of students motivation in learning, as well as in carriying out extracurricular activities. So the author provides coaching scouthing activities to these students. Another problem is that scout extracurricular antivities have never been carried out at the school, even though scouting activities are extracurricular activities that must be carried out at the educational level. The coaching that has been carried out can build students motivation in participating in the activities carried out, becausescouting activities are designed according to the characteristics of students and it is hoped that when they high motivation in participating in scout activities, the will take part in other learning . the it is hoped that the teacher can continue to do this activitu every week, don’t stop at this service.

References

Afdal, A., & Widodo, H. (2019). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Di SD Negeri 004 Samarinda Utara Tahun 2019. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 68–81. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.399

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(7), 11–21.

Damanik, S. A. (2014). Pramuka Ekstrakulikuler di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 16–21.

Muqodas, I. (2016). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25–33.

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Purwanto, R. (2021). Home Visit Method Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 51–64.

Rahayu, S. (2019). Aktualisasi Pramuka Pra Siaga dan Proses Pembinaannya dalam Perspektif Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, 28(2), 147–154.

Rahman, A. (2009). Pembinaan Profesional Guru SMK (Kajian Kualitatif Pada SMK di Bandung). Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 6(1), 14–26.

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun: JUrnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–17.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Surono, K. A. (2017). Penanaman Karakter dan Rasa Nasionalisme Pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka Di Smp N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1), 23–30.

Usman, U., Idhayani, N., & Amaludin, R. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Kain Flanel bagi Guru PAUD Aisyiyah Bustanul Atfal 1 Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(1), 48–53.

Zakiah, L. (2018). Hubungan Keaktifan dalam Kegiatan Pramuka dan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 144–158.

Downloads

Published

2022-07-23

Issue

Section

Articles