MELALUI SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT: TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jiap.v8i2.2182Keywords:
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Kualitas Pelayanan, Pendidikan.Abstract
Pemerintah memiliki tugas utama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. sebagaimana tertuang dalam “PembukaanuuUndang-Undang Dasar 1945â€, diartikan secara mendalam dan menyeluruh bahwa melalui pendidikan setiap warga dapat meningkatkan taraf kehidupannya dari tingkat terendah hingga ketingkat pencapaian tertinggi. Survei Kepuasan Masyarakat merupakan media untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan pemerintah dalam bidang Pendidikan. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif yang berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor  14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang menggunakan metode survei dengan pengukuran skala Likert. Skala Likert merupakan skala psikometrik untuk dipergunakan dalam mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang terhadap suatu jenis layanan publik yang biasanya digunakan dalam riset berbentuk survei. Responden dalam penelitian ini merupakan pengguna pelayanan publik dalam bidang pendidikan di Kabupaten Bintan. Melalui survei ini diketahui bahwa nilai kesenjangan pelayanan yang diberikan dan ekspektasi atau harapan penerima layanan dalam Bidang Layanan Pendidikan yang diselenggaran Pemerintah Kabupaten Bintan secara keseluruhan unsur yang dinilai memperoleh klasifikasi baik dengan nilai GAP berada di kisaran 0,8- 0,99. Â
References
Ahmad Jazuli & Siti Fatimah. 2019. Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Kantor Desa Tatah Layap Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Banjarmasin: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia, jilid 5(2) p220 - 237
Concepción, I., Campa, J., Romero-galisteo, R. P., Teresa, M., Manzanares, L., & Moreno, N. (2019). Evaluation of quality of service in Early Intervention : A systematic review à¬, 90(5). https://doi.org/10.1016/j.anpede.2018.04.009
Coste, A., & Tiron, A. (2013). Service Performance - Between Measurement and Information in the Public Sector. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92(Lumen), 215–219. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.662
Djaali. (2008). Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama.
Dwiyanto dkk, (2006). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press,
Lukito, Imam. 2016. Implementasi Kebijakan Survei Kepuasan Masyarakat pada Unit Penyelenggara Layanan Publik Kementerian Hukum dan HAM. Jakarta: Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, Vol 10 (3). p243-256
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 513–532
Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan MasyarakathUnit Penyelenggara Pelayanan Publik. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) is the author's right without limitation.