PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN USAHA PERJALANAN WISATA SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA LOMBOK

Penulis

  • M. Rahmatul Burhan Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jp-publik.v1i2.6903

Kata Kunci:

pariwisata, usaha perjalanan wisata, lombok, pemasaran

Abstrak

Sejak pandemi Covid-19, pariwisata di Lombok mengalami macet total. Usaha-usaha di bidang pariwisata beberapa sampai bangkrut. Hal tersebut berimbas pada pemutusan hubungan kerja para karyawan. Namun angin segar menghampiri pariwisata Lombok semenjak diumumkannya penyelenggaraan World Superbike yang akan dilaksanakan oleh Pertamina Mandalika International Circuit. Hal ini menjadi inspirasi dari beberapa pemuda lokal untuk membentuk usaha perjalanan wisata Tour & Travel sebagai pendukung pariwisata Lombok. Beberapa identifikasi masalah ditemukan dalam pendirian usaha ini, belum mengerti bagaimana mendirikan usaha perjalanan wisata, belum mengerti pentingnya pembuatan akta ijin usaha, belum mengerti manajemen pemasaran usaha perjalanan wisata. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pembekalan tatap muka langsung dan online, pendampingan intensif sampai usaha memiliki akta ijin yang resmi. Hasil kegiatan ini, melahirkan satu usaha perjalanan wisata bernama Lombok Bay Tour & Travel. Pendampingan intensif sampai usaha ini berhasil mendapatkan konsumen pertama. Diharapkan usaha ini mampu membawa citra positif tentang pariwisata Lombok, sehingga pariwisata Lombok kembali bangkit dan juga meningkatkan omset usaha pariwisata seperti sedia kala.

Referensi

Lee, O. V., & Gunawan, J. A. (2019, December). Mempermudah Wisatawan dalam Mengetahui Destinasi Wisata di Kabupaten Sumenep Melalui Tourism Map. In Seminar Nasional Budaya Madura V: Membangun Pariwisata Madura berbasis Budaya Lokal.

Rachman, A. F., Gantina, D., & Osman, I. E. (2020). INOVASI SISTEMIK DESTINASI WISATA URBAN JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID 19.

Risqianto, D. A., Suroso, I., & Iskandar, R. (2018). Analisis Swot Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rameyza Tour & Travel Bondowoso. RELASI: JURNAL EKONOMI, 14(2), 96-118.

Sari, R. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Pariwisata (Meneropong usaha penginapan masyarakat Lokal dan Manca Negara di Desa Mon Ikeun Lhoknga). Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22(2).

Suprina, R., & Pasaribu, A. R. (2020). Penguatan Organisasi Pokdarwis di Desa Muntei, Desa Madobag dan Desa Matotonan di Pulau Siberut, Kabupaten Mentawai. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 2(2), 104.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-30

Terbitan

Bagian

Articles