Kajian Preferensi Stakeholder Terhadap Kebijakan Jalan Berbayar dan Parkir Progresif Studi Kasus di Wilayah Urban dan Sub Urban, Kota Balikpapan

Authors

  • Elin Diyah Syafitri Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpe.v4i1.683

Keywords:

Preferences, Stakeholder, Road Pricing, Progressive Parking

Abstract

Tujuan penelitian mengidentifikasi instrumen kebijakan yang paling dapat diterima oleh stakeholder dan merekomendasikan pendekatan manajemen stakeholder untuk meminimalkan potensi konflik. Penelitian dilakukan di Kota Balikpapan. Dua pilihan kebijakan, road pricing dan parkir progresif dievaluasi melalui pengukuran preferensi dan analisis pemangku kepentingan. Stakeholder dibagi menjadi 3 kelompok yaitu beneficiaries, decision maker, dan influence group. Respon stakeholder dihitung menggunakan borda count method dan analisis preference.  Studi ini menemukan kebijakan parkir progresif lebih diterima oleh stakeholder daripada kebijakan jalan berbayar, baik di wilayah urban dan sub urban. Disimpulkan bahwa kebijakan parkir progresif lebih diterima ketika harus diterapkan di Kota yang sedang berkembang daripada kebijakan jalan berbayar.

References

Murray, A., Effects of toll removal on Tauranga Harbour Bridge

Apriyanti, E., 2016. Kajian pengaruh jembatan kapuas terhadap lalu lintas air maupun darat di kota sintang

Broaddus, A., 2009. Transportation Demand Management Plan for.

Litman, T. & Burwell, D., 2006. Issues in sustainable transportation. International Journal of Global Environmental Issues, 6(4), pp.331–347.

Santos, G., Li, W.W. & Koh, W.T.H., 2004. 9. Transport Policies in Singapore. Research in Transportation Economics, 9(4), pp.209–235.

Teubel & Schlag, B., 1997. Public acceptability of transport pricing. Structure, 21, pp.1–17.

Balcombe, R. et al., 2004. The demand for public transport: a practical guide. Transport Policy, 13, pp.295–306.

Pierce, G., Willson, H. & Shoup, D., 2015. Optimizing the use of public garages: Pricing parking by demand. Transport Policy, 44, pp.89–95.

Schade, J., 2000. Acceptability of Urban.

Coser, L.A., 2007. No Title. Social Conflict and the Theory of Social Change, 8(3), pp.197–207.

Broaddus, A., Litman, T. & Menon, G., 2010. Manajemen Permintaan Transportasi. , p.130.

Overseas Development Administration. 1995. Guidance note on how to do stakeholder analysis of aid projects and programmes. Bonn: Social Development Departement, Overseas Development Administration. Diunduh 1 Desember 2016 dari http://www.euforic.org/gb/stake1.htm#intro

Downloads

Published

2019-07-01

Issue

Section

Articles