PENINGKATAN TATA KELOLA LAYANAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM

Authors

  • Baiq Fitriah Darmayanti P
  • Ridwan Ridwan
  • Rohana Rohana

DOI:

https://doi.org/10.31764/.v1i1.5698

Abstract

Perpustakaan di era saat ini harus melakukan perubahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Keadaan ini yang mendorong para pustakawan, dan pelaku pemanfaatan informasi atau pengguna perpustakaan berusaha keras agar mendapatkan perkembangan informasi yang mutakhir dan dibutuhkan. Perpustakaan sebagai sumber informasi juga berperan penting dalam membangun karakteristik mahasiswa dalam mempelajari ilmu pendidikan. Perpustakaan sebagai sumber informasi dituntut untuk memberikan layanan informasi yang lengkap, cepat, jelas, dan tepat guna mendapat pertanggung jawaban sumbernya terutama pada lingkup perguruan tinggi sehingga diperlukannya pengabdian terkait kegiatan pelayanan di perpustakaan Universitas Islam Negeri Mataram. Target khusus yang diharapkan tercapai adalah perbaikan kualitas pelayanan melakukan kegiatan literasi dengan nyaman serta tidak lagi merasa segan untuk terus mengunjungi perpustakaan. Adapun metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan cara menghidupkan ulang perpustakaan. Semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat di UPT Perpustakaan Islam Negeri Mataram  telah 100% dilaksanakan dan menghasilkan luaran diantaranya yaitu (1) Susunan penataan buku yang lebih teratur, (2) Kegiatan pelayanan teknis untuk mempermudah temu kembali informasi.

References

Soedibyo, Noerhayati. (1987). Pengelolaan Perpustakaan, Bandung: Alumni.

Undang-undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI. 2007.

Suwarno, Wiji. (2014). Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Pustakawan, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Downloads

Published

2021-10-28

Issue

Section

Articles