Analisis Perencanaan Jangka Pendek (Short Term) Pengupasan Tanah Penutup CV. Sentosa Abadi Desa Bahomakmur, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah

Authors

  • Gina Audina P Alhabsyi Program Studi Teknik Pertambangan, Universitas Pejuang Republik, Makassar, Indonesia
  • Ruth Bunga Ranggu Program Studi Teknik Pertambangan, Universitas Pejuang Republik, Makassar, Indonesia
  • Hendra Sani Program Studi Teknik Pertambangan, Universitas Pejuang Republik, Makassar, Indonesia
  • Nurhikmah Supardi Program Studi Teknik Geologi, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia
  • syarifullah bundang Teknik Pertambangan Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpl.v4i1.15561

Keywords:

Mine planning, Stripping Ratio, Overburden

Abstract

Suatu perencanaan tambang mengacu pada beberapa parameter desain meliputi, blok model, stripping ratio (SR), batas penambangan. Hal ini bertujuan agar perencanaan tambang jangka panjang dan jangka pendek dapat berjalan sesuai dengan rencana. Tujuan dalam penelitian ini ialah melakukan perencanaan jangka pendek kegiatan pengupasan tanah penutup untuk mencapai target produksi. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan dengan cara wawancara, observasi, studi dokumen, dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ialah, berdasarkan perhitungan perencaan penambangan, target produksi yang ditetapkan oleh perusahaan mencapai target, dimana pada bulan Juli target produksi yang ditetapkan oleh perusahaan sebesar 279.946,29 BCM, sementara hasil perhitungan besaran overburden berdasarkan produksi alat muat dan alat angkut yaitu 315.319,51 BCM dengan menggunakan 1  unit alat muat Excavator PC 400, 4  unit Excavator PC 500 dan 25  unit alat angkut Dump Truck HM 400-3R.

References

Agung, M. dan Adi, E.A.W., 2022. Peningkatan Investasi dan Hilirisasi Nikel di Indonesia, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), Vol. 6(2), pp. 4009-4020.

Arifin, M., Widodo, S. dan Anshariah, 2015. Karakteristik Endapan Nikel Laterit pada Blok X PT. Bintang Delapan Mineral Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah, Geomine, 1(1), pp. (37-45).

Australia Department of Industry, Innovation and Science, 2018. Resources and Energy Quaterly March 2018.

Boldt, J.R., 1966. The Winning of Nickel Its Geology, Mining, and Extractive Metallurgy, Toronto.

Gleeson, A.S., Butt, M.R.C. dan Elias, M., 2003. Nickel Laterites: A Review, SEG (Society of Economic Geologist), Newsletter, No. 54.

Haya, A., Conoras, W.A.K. dan Ahar, R., 2019. Studi Produktifitas Alat Muat Kobelco 380 pada Penambangan Nikel di PT. Fajar Bakti Lintas Nusantara Kecamatan Pulau Gebe Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara, Jurnal Tambang Umum, Vol. 2(1). pp, 19-29.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 2020. Peluang Investasi Nikel Indonesia. esdm.go.id diakses pada tanggal 29 Juni 2023.

Sukandarrumidi., 2007. Geologi Mineral Logam, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Tonggiroh, A., Suharto, Mustafa, M., 2012. Analisis Pelapukan Serpentin dan Endapan Nikel Laterit Daerah Pallangga Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara, Prosiding Hasil Penelitian Fakultas Teknik, Vol. 6, pp. 978–979.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles