PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA BIDANG PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (BARUGAK BIMBEL)

Authors

  • Nurul Tamia Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Imansyah Imansyah Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Leli Astuti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Dicky Harisandi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Baiq Harly Widayanti Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/sjpu.v3i2.11005

Keywords:

berugak, bimbel, covid-19, daring, online

Abstract

Maraknya penyebaran virus covid-19, mengakibatkan dampak bagi seluruh aspek kehidupan salah satunya pada aspek pendidikan. Kegiatan pada aspek pendidikan berubah dratis dimana yang biasanya menggunakan sistem pembelajaran tatap muka berubah menggunakan metode pembelajaran daring. Proses pembelajaran daring memiliki banyak kendala terutama pada kawasan pedesaan, dimana salah satu kendala dari sistem pembalajaran ini adalah minimnya sarana dan prasarana pendukung pembelajaran terutama teknologi. Dusun Todo, Desa Bentek, Kecamatang Gangga, Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu desa yang juga memiliki keterbatasan dalam sarana prasarana penunjang pendidikan dengan sistem daring. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menyiapkan Barugak Bimbel yang dapat digunakan sebagai wadah pembelajaran khususnya anak-anak Sekolah Dasar (SD). yang dapat meminimalkan keterbatasan siswa khsusunya anak-anak SD dalam menerima pembelajaran sistem daring. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah remaja masjid Nurul Iman Todo. Metode pengabdian melalui kerjasama dengan mitra dalam menyiapan pembelajaran sistem offline kepadan anak-anak SD. Tim pengabdian bersama dengan mitra menyiapkan materi sesuai dengan kurikulum K-13 kemudian memberikan pendampingan kepada siswa untuk dapat memahami materi pembelajarannya. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terbentuknya struktur organisasi bimbingan belajar remaja masjid Dusun Todo, tersusunnya modul pembelajaran untuk anak-anak SD, dan terlaksananya kegiatan bimbel dari remaja masjid ke anak-anak SD disana.

References

Aji, R. H. S., 2020. Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia : Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, 7(5), pp. 395-402.

Downloads

Published

2022-09-13

Issue

Section

Articles