PENGARUH METODE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA

Authors

  • Mahsup Mahsup Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Yunita Septriana Anwar Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.584

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pada Materi Program Linear Mahamahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Mataram FKIP UM Mataram. Jenis Penelitian adalah penelitian eksrimen, data yang dikumpulkan berupa hasil tes dan observasi. populasi dan sampel dalam penelitian mahasiswa Semester IV program studi pendidikan matematika. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan yang telah dilakukan sehingga hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nol (Ho) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh metode STAD terhadap prestasi belajar matematika pada materi program linear Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Mataram FKIP UM Mataram.

Kata Kunci: Metode STAD; Pemahaman

References

. Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

. Djamarah, S. B. 2012. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Dosen. Surabaya: Usaha Nasional.

. Fikri, Yusuf. 2013. Model Pembelajaran Snowball Throwing. Didownload dari http://zoaet.blogspot.com/2013/02/model-pembelajaran-snowball-throwing.html. Diakses pada tanggal 7 Mei 2013.

. Irzani, 2010. Matematika 1 Untuk Calon Dosen SD/MI. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

. Junaidi, Wawan. 2012. Metode Mengajar Matematika dalam Simanjuntak, Lisnawati Dra.,dkk. Metode Mengajar Matematika 1. Didownload dari http://wawan-junaidi.blogspot.com/2012/02/metode-mengajar-matematika.html. Diakses pada tanggal 30 April 2013.

. Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Kelas 7 SMP. Bandung: CV Usaha Makmur.

. Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Slameto, Drs. 2010. Belajar dan Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

. Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

. Subana, M dan Sudrajat. 2001. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.

. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. Syahrir. 2010. Metodologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Naufan Pustaka.

. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2018-12-06

Issue

Section

Articles