SELFIE ACTIVITY SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN AKHLAK

Authors

  • Muhammad Anugrah Arifin Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Mukhlishin Mukhlishin Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.585

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan merumuskan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan Affective Melalui kegiatan Selfie di Al-Islam ceramah III di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas atau CAR) Dengan empat tahap; Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, Refleksi, subjek atau responden dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Teknik Pertanian pada semester III tahun akademik 2017-2018. Semester keenam terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas A, B, dan C. total kelas A adalah 27 orang, kelas B adalah 25, dan kelas C adalah 23 maka total responden adalah 75 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa pada semester ketiga pada semester Ganjil pada tahun akademik 2014/2015 di Fakultas Pertanian Jurusan Pertanian Muhammadiyah Mataram terhadap penggunaan teknik Selfie Activity pada subjek Al-Islam III (Perilaku) positif. Perhitungan data menunjukkan bahwa ada 31 siswa (42, 1%) memiliki sikap positif terhadap penggunaan teknik ini. Data lebih rinci adalah sebagai berikut; ada 31 siswa (42, 1%) memiliki sikap positif terhadap penggunaan teknik ini. Ada 27 siswa (36, 8%) yang memiliki sikap negatif terhadap penggunaan teknik ini. Ada 11 siswa (13, 2%) yang biasa-biasa saja terhadap penggunaan teknik ini. Ada 6 siswa (7, 9%) yang memiliki sikap yang sangat positif terhadap penggunaan teknik ini. Dan tidak ada siswa (0%) yang memiliki sikap yang sangat negatif terhadap penggunaan teknik ini.

Abstrak: Selfie Actifity; Pembelajaran; Akhlak; Peningkatan Afektif

References

Anderson, Lorin W. 1981.Assessing Affective Characteristic in the Schools, Boston: Allyn and Bacon

Anonim 2006, Panduan Penilaian Kelompok Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan BNSP

Bloom, B, S, ed, etal, 1956.TaxonomyotEducational Objectives: Handbook 1, New York: David McKay.

Daradjat,Zakiah. 2010. Drat Standar Penilaian Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Perguruan Tinggi Islam Kemeterian Agama RI.

L'uhdi, Darmiyati. 2008. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Gronlund, N. E., 1978.Stating Objectives for ClassroomInstruction 2nd ed. New York: MacMillan Publishing.

Hersey, Paul and Kenneth H. Blanchard. 1993.Management of Organization Behavior. New Jersey: PrenticeHall, lnc.

Hersh, Miller & Fielding. 1980.Model of Moral Education.·An Appraisal. New York: Longman.

Kohlberg, Lawrence. 1985.Tahap-tahap Perkembangan Moral. Yogyakarta: Kanisius.

Lecapitaine, John E. 1980.The Differential Effects of Three Psychological Education Curricula Affective and Moral Development. Boston: Boston University School

Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suryabrata, S. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: CV Rajawali.

___________ 2008. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajagrafindo Persada

LP2I UM. Mataram. 2009.Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan SAP Mata Kuliah AIK Semester Genap.Mataram: Suara Muhammadiyah Publish

Downloads

Published

2018-12-06

Issue

Section

Articles