PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PADA MATERI DETERMINAN

Authors

  • Mahsup M.Pd Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Abdillah Abdillah Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.643

Keywords:

Model Pembelajaran diskusi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah “mendeskripsikan pembelajaran dengan menerapkan  model pembelajaran diskusi sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman pada materi diskusi mahasiswa semester III Pendidikan Matematika FKIP UM Mataram. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan dalam penelitian berupa data hasil tes belajar mahasiswa. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode diskusi pada konsep determinan tidak dapat meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa semester III yaitu berdasarkan hasil tes akhir siklus I diketahui bahwa telah mencapai ketuntasan belajar secara kelasikal, dimana persentase pencapaian sebesar 50% dari standar yang telah ditetapkan sebesar 85%.

References

Bell, F.H.. 1978. Teching Learning Mathematics: In Secondary Shooles. Iowa: Wn. C. Brown Company Publishers.

Clements, D.H & Battista, M.T. 2001. Constructivist Learning and Teaching.

Dahar, R.W. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Dedikbud P2LPTK.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Standar Kompetensi Matematika SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati & Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Grouws, D.A. 1992. Handbook af Research on Mathematics Teaching and Learning New York: Macmillan Publishing Co.

Hiebert, J dan Carpenter , T.P. 1992. Learning and Teaching With Understanding Dalam Dougles Grouws (Ed). Handbook of Research On Mathematics Teaching and Learning. New York: Macmilan Publishing Company.

Hiebert, J dan Lafevre, P. 1986. Conceptual and Procedural Knowledge: The Case of Mathematics. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associatrs, LEA.

Hopkins, D. 1985. A Teacher’s Guide to Classroom Research. England: Open University Press.

Hudojo, H.. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: PPS UM.

Hudojo, H.. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FPMIPA Universitas Negeri Malang.

Muhsetyo, G. 1999. Metode penemuan Dalam Pembelajaran Persamaan Linier ADua Variabel. Jurnal jurusan pendidikan matematika FMIPA IKIP Malang: 73-82

Joyce, B dan Weil, M. 1980. Model Of Teaching: Prenticel Hall international.

Orton, A. 1992. Learning Mathematics: Issues, Theory, and Practice. Great Britain: Redwood Books.

Purwanto. 2007. Pengantar Dasar Matematika. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Slavin, Robert.E.1994. Educational Psychology. Boston: Allin and Bacon.

Sobel, M.A. & Maletsky, E.M. 1975. Teching Mathematics: A. Sourcebook of Aids, Activities, and Strategies. New Jersey: Prentice-Hall.

Soedjadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Depdiknas

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Yuwono, I. 1992. Pengantar Analisis Real (penyunting Purwanto). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang: Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas.

Downloads

Published

2019-01-31

Issue

Section

Articles