ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM SISWA KELAS V SD N 1 CEMPAGA

Authors

  • Ni Wayan Sri Darmayanti ITP Markandeya Bali
  • I Gusti Ayu Triwahyuni ITP Markandeya Bali

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.11515

Keywords:

Analisis Praktikum Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktikum siswa kelas V di SD N 1 Cempaga. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instumen berbentuk angket dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 1 Cempaga pada siswa kelas V. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas 5dan 1 guru. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari 25 siswa, sebanyak 4 orang siswa menyatakan sangat baik, 14 siswa menyatakan baik, 6 siswa menyatakan cukup baik, dan 1 orang menyatakan kurang baik dalam pelaksanaan praktikum. Sedangkan, hasil wawancara menunjukkan guru cukup baik dalam pelaksanaan praktikum.

References

Darmayanti. (2020). Kelayakan panduan praktikum ipa sederhana sekolah dasar berorientasikan lingkungan sekitar. 3(2), 107–111.

Darmayanti, N. (2022). Analysis Of The Implementation Of Science Practicum For Grade V Students At SD N 1 Pempatan.

Darmayanti, N. W. S., & Haifaturrahmah, H. (2019). Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Ipa Terpadu Smp Berpendekatan Saintifik Dengan Berorientasi Lingkungan Sekitar. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 45. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.1021

Engel. (2014). Deskriptif Kuantitatif. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 38–46.

Faizah, L. N., & Marmoah, S. (n.d.). Analisis permasalahan praktikum pada pembelajaran IPA kelas V di madrasah ibtidaiyah. 449.

Herman, & Supriatna, I. (2021). Jurnal PGSD. Jurnal PGSD, 11(2), 128–134.

Kadek, N., & Arini, M. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA (JPPSI) Volume, 5(April), 12–19.

Kurniawati, Y. (2018). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis Dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 1(2), 146. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v1i2.4537

Latifah. (2019). 159-Article Text-598-1-10-20201219. 31–50.

Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal Biology Education, 14(1), 62–68.

Pratiwi, nuning. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.

Rosnita. (2016). Keterampilan guru dalam melaksanakan praktikum dengan menggunakan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA SD. Jurnal MIPA-FKIP Univ Tanjungpura, 21(1), 103–106. http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.671%0AKETERAMPILAN

Suryaningsih. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 11.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Downloads

Published

2023-01-18

Issue

Section

Articles