ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA AJAR DIGITAL PENDIDIKAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.11519Keywords:
kebutuhan siswa, media pembelajaran digitalAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah kesulitan siswa mengenai media ajar digital pendidikan IPS di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap pengembangan media ajar digital pendidikan IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Metode ini dipilih untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media ajar digital pendidikan IPS. Subyek penelitian ini adalah beberapa perwakilan siswa. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan permasalahan yang terjadi dalam pengembangan media ajar digital ialah kurangnya media ajar digital yang diberikan dan perlu adanya media ajar digital untuk menunjang pembelajaran. Peneliti berharap denganReferences
Anisa, M., Putri, R. N., Regina, Y., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Tiktok pada Mata Pelajaran IPS Perubahan Sosial Budaya Sebagai Modernisasi Bangsa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6998–7006. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2982
Fatimah, S., Mufti, Y., & Mahmudah, U. (2021). Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021 Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Android berbasis Potensi Lokal sebagai Media Pembelajaran Sains. 224–237. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-224-
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574
Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3344
Jauhar, S. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SEKOLAH DASAR. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2).
Linggasari, E. (2021). Meta Analisis Pembelajaran Berbasis Media Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Elkana. 2(1), 122–128.
Pranata, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2020). Pemanfaatan Digital Storytelling sebagai Media Pembelajaran Tematik di SD. Springer Series on Cultural Computing, 547–558.
Puspitorini, F., Hamdani, H., Zulfadhli, M., Muhendra, R., & Purwa, A. (2022). Optimalisasi Media Ajar dalam Pengajaran Berbasis Digital di SD Negeri Muktiwari 01. 5(1), 67–73.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Wulandari, I., & Oktaviani, N. M. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456
Yusuf, M. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.