MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP BEKERJASAMA SISWA

Authors

  • isna amanaturrakhmah STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.11747

Keywords:

Hasil Belajar, Kognitif, Sikap Bekerjasama, Model Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick.

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick meningkatkan hasil belajar kognitif dan sikap bekerjasama siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dua siklus. Kegiatan penelitian dilakukan di UPTD SDN Luwunggesik. Subjek penelitian adalah 26 orang siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar kognitif meningkat 4% pada kategori tinggi dan 46% pada kategori sedang. Sikap bekerjasama pada kategori baik meningkat 50%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan sikap bekerjasama siswa. 

Abstract:  This study aims to describe how the Talking Stick type of cooperative learning model improves students' cognitive learning outcomes and cooperative attitudes. The research method used is CAR which consists of two cycles. The research activity was implemented at the UPTD SDN Luwunggesik. The research subjects were 26 fifth grade students. Data collection techniques used were observation and tests. Then the data were analyzed descriptively. The results of the study increased from cycle I to cycle II. Cognitive learning outcomes increased 4% in the high category and 46% in the medium category. Cooperative attitude in the good category increased by 50%. It can be concluded that the talking stick cooperative learning model can significantly improve students' cognitive learning outcomes and cooperative attitudes.

References

Buku

Abdulsyani. Skemaika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara. 2012.

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.

Slavin, R. E., Cooperative learning: Theory, research, and practice. (2nd ed.), Prentice Hall, New Jersey, 1990.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru, Kata Pena, Yogyakarta, 2016.

Jurnal

Gagulu, S. R. G., “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stickâ€, Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, Vol.2, No.1, h. 28-36 2022.

Kusuma, Ardi Wira., “Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikalâ€, Konselor, Volume 7 No. 1., h. 26-30 Mei 2018.

Ma’rup. & Andi Mulawakkan Firdaus., “Pembelajaran Matematika dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Siswa Kelas VII SMPâ€, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), vol.8, No.1 h.79-88 2020.

Riska, Hotmauli Adina, Diah Krisnatuti, and Lilik Noor Yuliati. "Pengaruh interaksi remaja dengan keluarga dan teman serta self-esteem terhadap perilaku prososial remaja awal." Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 11.3 (2018): 206-218.

Risnada, S., Muhtarom, Sutrisno, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Talking Stick Berbantu Prezi terhadap Prestasi Belajar Siswaâ€, Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, vol 13, No.1, h 97-100 2019.

Ryzin, M. J. V., Roseth, C. J., & Biglan, A., “Mediators of Effects of Cooperative Learning on Prosocial Behavior in Middle Schoolâ€, International Journal of Applied Positive Psychology, h.37-52 2020.

Prosiding/Artikel Seminar

Ali, Ismun, Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 247-264, Januari-Juni 2001.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles