Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Menguji Lemak pada Makanan melalui Metode Eksperimen Kelas V SDN 57 Buton
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.11851Keywords:
Pembelajaran IPA, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran menggunkan metode eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 57 Buton dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 9 siswa. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindak Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa dan tese evaluasi pada setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis yang didapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi uji lemak pada makanan pada siswa kelas V SDN 57 Buton Tahun ajaran 2022/2023 pada sikluss I menunjukkan presentase tertinggi sebesar 79,5% pada indikator kehadiran, sedangkan presentase aktivitas siswa terendah sebesar 47,5% pada indicator kejujuran. Hasil belajar siswa siklus I siswa yang mencapai KKM dengan presentase sebesar 55,56%. Pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa memiliki peningkatan yakni siswa mencapai di atas rata-rata dengan presentase 70%, dan untuk hasil belajar siswa meningkat dengan presentase sebeser 100%.Downloads
Published
2023-01-18
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.