ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU

Authors

  • Annissa Hendra Virnanda Universitas Pakuan
  • Resyi Abdul Gani Universitas Pakuan
  • Griet Helena Laihad Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12092

Keywords:

Kemandiri belajar, Tunarungu, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar pada salah satu subjek peserta didik tunarungu kelas VI SLB Mekarsari 1 Cibinong Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), yaitu observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik tunarungu terbilang cukup mandiri dengan bentuk kemandirian secara emosional, kemandirian secara nilai dan kemandirian secara tingkah laku. Kemandirian peserta didik tersebut masih perlu ditingkatkan melalui upaya dari diri sendiri, peran guru dan peran orangtua

References

BUKU

Amir, dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Asrori, Mohammad. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tirtarahardja dan Sulo. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suciati, Wiwik. 2016. Kiat Sukses Melalui Kecerdasn Emosional dan Kemandrian Belajar. Bandung: CV Rasi Terbit.

Atmaja. 2017. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta: PT Luxima Metro Media

Harjanta, George. 2014. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kristiana, dan Widiyanti. 2016. Buku Ajar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang: UNDIP Press

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Smith, David. 2015. Sekolah untuk Semua: Teori dan Implementasi Inklusi. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suharsiwi. 2017. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: CV Prima Print.

Sukmanasa, Elly, dkk. 2019. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bogor: PGSD Universitas Pakuan.

Tung. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: PT Indeks.

Wardani, dkk. 2012. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tangerang: Universitas Terbuka.

Yuliatun, Ismiyati. 2020. “Mengenal dan Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus. RSJD Surakarta, Jawa Tengah.

JURNAL

Bijlani, M. (2008). Discovering Self Potential. NHRD Network Journal, 2(2), 76–80. https://doi.org/10.1177/0974173920080218

Palo, S., & Dokadia, A. (2015). Learning Across Generations. NHRD Network Journal, 8(2), 50–53. https://doi.org/10.1177/0974173920150209

Murthy, P. V. (2019). Paradigm Shift in Indian Executive Education: Need of the Hour. NHRD Network Journal, 12(1), 17–20. https://doi.org/10.1177/2631454119829634

Singh, V. P. (2016). A Road Less Travelled: Special People in Costa & KFC. NHRD Network Journal, 9(2),84–90. https://doi.org/10.1177/0974173920160213

Hidayat. 2017. “Upaya Guru dalam Membentuk Kemandirian Siswaâ€. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 34, (2), h.6-7.

Mulyadi, dan Syahid. 2020. “Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Islam. 5, (2), h.197.

Mulyaningsih. 2014. “Pengaruh Interaksi, Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajarâ€. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20, (4), h.441-451.

Laksana, dan Hadijah. 2019. “Kemandirian Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4, (1), h.3.

Nainggolan. 2020. “Tingkat Keberhasilan Program Guru Pembelajar Untuk Guru SD di Sumatera Utara Tahun 2016â€. Jurnal Pendidikan Fisika. 5, (1), h.9-10.

Niswah, Jazilatun. 2021. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunarunguâ€. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Hal. 4

Nurhafsari dan Sabandar. 2018. “Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Aktivitas Quick on The Drawâ€. Jurnal Pendidikan matematika. 1, (2), h.4.

Nofiaturrahmah. 2018. “Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinyaâ€. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 6, (1), h.4.

Novilia dan Suharnan. 2013. “Konsep Diri Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar Siswaâ€. Jurnal Psikologi. 8, (1), h.619-632.

Rosyada, Amrina, Sittah. 2019. “Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SD Alam Lukolo Tahun Ajaran 2018/2019â€. 1(5) h.6-7. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sugianto, Irfan, dkk. 2020. “Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumahâ€. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1, (3), h.6-7.

Suharnan. 2012. Pengembangan Skala Kemandirian. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 66-76.

Tassaik, Hendrik, Lampe dan Tuasikal, Patma. 2018. “Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasiâ€. Jurnal PGSD Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 14,(1), h.45-55

Artikel/Modul/Diktat

Gunawan, Dudi. 2016. Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu. Bandung: PPPPTK TK dan PLB Bandung.

Kemendikbud. 2017. Menumbuhkan Kemandirian Belajar Pada Anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Downloads

Published

2023-01-25

Issue

Section

Articles