EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN IPA SD

Authors

  • septina rahmawati Universitas Muhammadiyah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12834

Keywords:

Aplikasi Kahoot

Abstract

Aplikasi Kahoot merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai alat untuk mengetes kemampuan seseorang. Aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan meniat belajar siswa, sehingga membuta siswa mudah dalam menerima materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran IPA kelas 5 SD 1 Piji. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas 5 SD 1 Piji. Sampel dari penelitian ini sebanyak 20 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan purpose sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi kahoot efektif dan mendapat respon baik dari siswa selama proses pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2023-01-18

Issue

Section

Articles