Kompetensi Guru Dalam Mendesain Media Pembelajaran Interaktif Dengan Program Autoplay di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Nuruddin Nuruddin Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhamad Ahyar Rasidi Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v2i1.1288

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran dengan program autoplay. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Ikhlasiyah Perampuan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan program autoplay tergolong baru. Dalam mendesain media pembelajaran, terlebih dahulu guru memperoleh pelatihan tentang bagaimana mendesain media tersebut. Selanjutnya dilakukan pendampingan dan hasilnya sebagian guru mampu mendesain dan sebagian lagi masih mengalami kesulitan.

Abstract:  This study aims to find out about the competence of teachers in designing instructional media with the autoplay program. This research was carried out at MI Al-Ikhlasiyah Perampuan. The results of the study explained that the use of learning media with the autoplay program is relatively new. In designing instructional media, teachers first receive training on how to design these media. Furthermore, assistance is provided and the results are that some teachers are able to design and some are still experiencing difficulties

References

Arthur, J., Graigner, T & Wray, D, Learning to teach in the primary school, New York: Routledge, 2006.

Ansori, Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi Society Edisi VII (Mataram: Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram, 2012.

Buku Putih Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Penelitian Pengembangan dan Penerapan IPTEK Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2005-2025, Jakarta: Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006.

Bogdan dan Biklen, Qualitatif Research for Education an Introduction the Theory and Methode, London : Tanpa penerbit, 1982.

Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi

Munadi Y., Media pembelajaran, Jakarta Selatan: GP Press Group, 2013.

Robertson, M., A. Fluck, I. Webb and B. Loechel, Classroom computer climate, teacher reflections and "reenvisioning" pedagogy in australian schools, Aus. J. Educ. Technol., 20: 2004.

Ruth Geee & Trudy-Ann Sweeney. Students’ Voices about Learning with’s Technology. Journal of Social Sciences, 8 (2).

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung: Al-Fabeta, 2013.

Sukiman, Pengembangan media pembelajaran, Yogyakarta: Pedagogia, 2012, h. 29.

Sardiman, Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: PT Raja GrafindoPersada, 2012.

Ruth Geee & Trudy-Ann Sweeney. Students’ Voices about Learning with’s Technology. Journal of Social Sciences, 8 (2).

Susilana, R & Riyana C.,Guru sebagai profesi, Yogyakarta:Hikayat, 2006.

Seels, B.B. & Richey, R.C. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya (terjemahan), Washington DC: AECT, 1994.

Tim Laboratorium Pengembangan Pendidikan & Pembelajaran Islam (LP3I). (2010). Keterampilan Dasar Mengajar, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2010.

TOSUN Nilgün. Using Information and Communication Technologies in School Improvement. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology Volume 10 Issue 1 (2011).

Nasution, Teknologi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara: 2012.

Nurseto, T., Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal ekonomi & pendidikan,Volume 8 Nomor 1, April, 2011.

Uno, H.B., Perencanaan pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006).

Yatim Riyanto, Metodologi Penelitian Pendidikan (Surabaya: SIC, 2001).

Yamin Riyanto, Paradigma Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada media Group, 2010

Downloads

Published

2019-11-18

Issue

Section

Articles