IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SD NO 3 BELOK TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.13259Keywords:
Metode Problem Solving, Hasil Belajar IPAAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil Implementasi Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI SD No 3 Belok Tahun 2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Jenis penelitian ini adalah deskriptif, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus statistic deskriptif. Instrumen pengambilan data menggunakan metode Tes. Subyek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VI SD NO 3 Belok Tahun 2022. Objek penelitian ini adalah Metode Problem Solving dan Hasil Belajar IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, penerapan metode problem solving dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD No 3 Belok memperoleh kemajuan pada hasil belajar siswa yang optimal, terlihat siswa sudah mulai tertarik dengan pembelajaran IPA. Kedua, perolehan nilai nilai rata-rata setelah Implementasi Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI SD No 3 Belok yaitu 85,6.
References
Aminudin Junaedi, T. S. (2020). Komunikasi dosen dengan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran melalui metode ceramah. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01(09).
Andita, C. D., & Taufina, T. (2020). Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 541–550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.397
Barham, A. I. (2020). Investigating the development of pre-service teachers’ problem-solving strategies via problem-solving mathematics classes. European Journal of Educational Research, 9(1). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.129
Erfayliana, Y. (2016). Aktivitas Bermain dan Perkembangan Jasmani Anak. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.
Khalid, M., Saad, S., Abdul Hamid, S. R., Ridhuan Abdullah, M., Ibrahim, H., & Shahrill, M. (2020). Enhancing creativity and problem solving skills through creative problem solving in teaching mathematics. Creativity Studies, 13(2). https://doi.org/10.3846/cs.2020.11027
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034
Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Munir. (2021). Pendidikan adalah Proses Pengubahan Sikap. Upttikp.
Mursyidi, W. (2020). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.38153/alm.v3i1.30
Pinahayu, E. A. R. (2017). PROBLEMATIKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PELAJARAN MATEMATIKA SMP DI BREBES. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 77–85.
Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2).
Syofyan, H., & Halim, A. (2016). Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Ipa Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) KE-2 Tahun 2016
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.