PENGEMBANGAN SUBJEK SPECIFIK PEDAGOGIK (SSP) PRAKTIKUM IPA TERPADU SMP/MTS BERBASIS HOME MATERIALS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Nanang Rahman Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.137

Keywords:

1. Subjek Specifik Pedagogik 2. Praktikum IPA Terpadu 3. Home Materials 4. Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas perangkat  Subject  Specific  Pedagogy  (SSP)  Praktikum IPA terpadu berbasis home materials yang  dikembangkan, (2) mengetahui pengaruh perangkat  Subject  Specific  Pedagogy  (SSP)  Praktikum IPA terpadu berbasis home materials yang dikembangkan terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan 2 tahapan utama, yaitu pengembangan produk dan validasi produk yang dilakukan oleh ahli dan pendidik. Untuk mengetahui kualitas perangkat yang dikembangkan mengunakan instrumen angket kelayakan produk, sedangkan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi beajar siswa menggunakan angket yang diberikan sebelum dan setelah perlakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) berdasarkan penilaian ahli dan pendidik terhadap produk buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis home materials dapat disimpulkan bahwa  produk hasil pengembangan dikategorikan sangat baik sehingga layak untuk digunakan. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai rata-rata angket motivasi peserta didik yang menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis home materials (kelas treatment) dengan yang tanpa menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis home materials (kelas kontrol).

References

Anik Ghufron, Widyastuti Purbani, & Sri Sumardiningsih. (2007). Panduan: Penelitian dan pengembangan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4 th ed). New York: Longman Inc.

Bryce, T.G.K., J. McCall, J. MacGregor, I.J. Robertson, & R.A.J. Weston. (1990). Techniques for Assesing Process Skills in Practical Science: Teacher’s Guide. Oxford: Heinemann Educational Books.

California State University. (2007). Effective Teaching. California: California State University Northtridge.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nanang Rahman. (2016). “Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis home materials untuk meningkatkan motivasi belajar IPA terpadu siswa SMPN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utaraâ€. Jurnal Orbita. Vol 2, No.1

Salirawati, D. (2001). Materi Pelatihan Kepala Laboratorium Kimia bagi Guru-Guru Kimia Kabupaten Kulon Progo. Disampaikan di Laboratorium FMIPA UNY Yogyakarta, 1 Oktober 2011.

Sumintono, B. 2010. “Pengajaran Sains dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif dari Guru Sains SMPN di Kota Cimahiâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 15, No. 2.

Tatat Hartati, dkk. (2009). Productive Pedagogy & Subject Specific Pedagogy.Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Downloads

Published

2018-02-01

Issue

Section

Articles