ANALISIS PENCAPAIAN 8 KOMPONEN STANDAR AKREDITASI SD/MI DI KOTA MATARAM

Authors

  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.139

Keywords:

1. Akreditasi 2. standar BAN-S/M, SD/MI

Abstract

Pada konteks pendidikan nasional diperlukan standar yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan. Pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah merupakan cara untuk mengawasi upaya peningkatan mutu layanan pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Oleh karena itu, pelaksanaan akreditasi menggambarkan hasil-hasil yang telah dicapai oleh sekolah/madrasah. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu data akreditasi SD/MI di Kota Mataram tahun 2014, 2015 dan 2016. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, dari delapan standar pada sekolah/madrasah yang terakreditasi A maupun B, nilai rata-rata standar kompetensi lulusan SD/MI masih rendah dibandingkan standar lainnya, sedangkan komponen standar tertinggi adalah standar pembiayaan.

References

BAN-S/M . 2016. Pedoman akreditasi sekolah/madrasah. Jakarta: BAN-S/M.

. 2014. Perangkat akreditasi SD/MI. Jakarta: BAN-S/M.

Muhammad. Irfan. 2001. Menyoal sistem akreditasi madrasah, dalam jurnal madrasah. Jakarta : Departemen Agama Pusat, Vol. 5, No. 1, 2001.) Hal. 19.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Soedijarto. 2000. Pendidikan nasional sebagai wahana mencerdaskan bangsa dan membangun peradaban negara-bangsa. Jakarta: Cinaps.

Downloads

Published

2018-02-01

Issue

Section

Articles