Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1412Keywords:
Hasil Belajar IPA, Keterampilan 4C, Sikap IlmiahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration) terhadap hasil belajar IPA dengan kovariabel sikap ilmiah pada peserta didik kelas V SD. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di Gugus 15 kecamatan Buleleng yang berjumlah 198 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 46 orang, dengan Teknik pengambilan sampel random sampling. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA Satu Jalur, uji ANAKOVA, dan Uji Product Moment.References
Anwar, Herson. 2009. Penilaian Sikap llmiah Dalam Pembelajaran Sains.Jurnal Pelangi Iimu, Vol. 2 No.5, Mei 2009.
Dantes, N. 2017.Desain Eksperimen Dan Analisis Data. Depok: Raja Grafindo Persada.
Daryanto dan Karim. 2017. Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Dit.PSMA Ditjen.Pendidikan Dasar Dan Menengah.2017. Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Dit.PSMADitjen.Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Harso, A., Suastra, I.W. and Sudiatmika, A.I.A.R., 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Langke Rembong Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, Vol. 4, tahun 2014 (halaman 1-12).
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kumala, Farida Nur. 2016. Pembelajaran IPA SD. Malang: Penerbit Ediide Infografika. ISBN: 978-602-74739-1-1.
Kunandar, 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Press.
P21. 2015. P21 Framework Definitions. http://www.21stcenturyskills.org. Diakses tanggal 23 Desember 2017).
Pandiavadivu P. and Sridhar R. 2016. Measuring Students’ Scientific Attitude, Aptitude And Knowledge At The Secondary School Level: What Intended To Study And Why?. CONFLUX. Volume 4, Issue 2, July 2016 (halaman 13-12).
Sanderayanti. 2015. Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Di SDN Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar,Volume 6 Edisi 2 Desember 2015 (halaman 222-231).
Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD 4 Tuban Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).
Viana, T. A., Sutama, dan Samino. 2014. Dampak Komunikasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Varia Pendidikan, Vol. 26. No. 1, Juni 2014 (halaman 69-76).
Widiawati, L., Soetarno J., Sudiyanto. 2018. Higher Order Thinking Skills as Effect of Problem Based Learning in the 21st Century Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU), Vol. 5, No. 3, June (halaman 96-105).
Witeriani, Dantes dan Tika. 2014. “Pengaruh Model Brain-Based Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Peserta didik Kelas V SD Gugus I Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2013/2014â€. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, Volume 4, Tahun 2014 (halaman 1-12).
Yusnaeni, Herawati, S., A.D. Corebima, Siti, Z. 2016. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Search Solve Create and Solve Di SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016. (halaman 443-446).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.