ANALISIS HAMBATAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SD MUHAMMADIYAH 4 TANGERANG

Authors

  • anggun mila banowati Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1634

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dalam penerapan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitiam deskriptif eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami guru SD dalam penerapan Kurikulum 2013 yaitu para guru merasa kesulitan dalam melakukan penilaian siswa karena dalam Kurikulum 2013 penilaian dilakukan sesuai dengan Kompetensi Dasar masing-masing sehingga sangat memerlukan waktu yang cukup lama juga merasa kesulitan. Pada awalnya sistem penilaian di Kurikulum 2013 ini masih menggunakan tulis tangan yang membuat para guru merasa kelelahan dan hambatan lainnya juga dari segi persediaan buku ajar yang masih minim awalnya, namun sekarang sudah mulai tercukupi oleh bantuan dari pemerintah

Downloads

Published

2020-01-23

Issue

Section

Articles