ANALISIS PROBLEMATIKA KETIDAKLAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 134 PEKANBARU

Authors

  • Rosda Fatimah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai http://orcid.org/0009-0006-3317-8114
  • Aninda Mulya Arfani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Alvina Maharani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Lestari Mai Paska Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Dwi Arsyad Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sumianto Sumianto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v6i2.16738

Keywords:

analisis, problematika, kurikulum merdeka

Abstract

Indonesia telah banyak mengalami perubahan kurikulum pendidikan, perubahan ini dimulai dari perkembangan zaman dan teknologi. Sistem pendidikan di indonesia dapat tertinggal apabila tidak mengikuti perubahan. Selain itu, upaya ini juga dilakukan agar anak Indonesia dapat terbentuk dalam aspek kognigtif, afektif ,dan psikomotor. Pemerintah indonesia sedang gencar menggerakkan penggunaan kurikulum merdeka, diharapkan agar semua sekolah diindonesia dapat menerapkan kurikulum merdeka disekolah. Namun ditemukan permasalahan bahwa di SD Negeri 134 Pekanbaru belum menggunakan kurikulum merdeka disekolahnya. Tujuan wawancara dan observasi adalah untuk mengetahui problematikan sehingga ketidaklaksanaan Kurikulum Merdeka dan upaya apa yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi problamatika ketidaklaksanaan kurikulum merdeka  di SD Negeri 134 Pekanbaru.

Author Biography

Rosda Fatimah, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Mahasiswa

References

Agustania, A. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis di SMK Negeri 1 Pengasih. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR, 1, 135–142.

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236.

Rahayu, R., Rosita, R., Sri Rahayuningsih, Y., Herry Hernawan, A., & Prihahantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6, 6313–6319.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Yahfenel., E. F. & E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K13) Smp Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 45–55.

E. Mulyasa. 2006. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andriani Safitri, Fannia Sulistiani Putri, Fauziyyah, H., & Prihantini. (2021). Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 6(6), 5296–5304.

Yahfenel., E. F. & E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K13) Smp Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 45–55.

Purba, P. B., dkk. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis: Deli Serdang

muhammedi. (2016). Perubahan kurikulum di indonesia : studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal. Raudhah, iv(1).

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles