PERANAN MEDIA AJAR KOTAK HURUF AJAIB TERHADAP PENINGKATAN BELAJAR MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH

Authors

  • khoridatul islamiya Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v7i1.20810

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruh media ajar kotak huruf ajaik terhadap peningkatan belajar membaca pada siswa kelas rendah. Kegiatan ini dilakukan karena masih banyak peserta didik dikelas rendah yang masih belum bisa membaca bahkan masih kurang dalam mengenal huruf disebabkan oleh cara pembelajaran yang membosankan oleh pendidik sehingga kurang motivasi untuk semangat dalam belajar membaca. Tentunya media ajar kotak huruf ajaib ini perlu dihadirkan saat mengajar membaca dikelas rendah. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif, sampel penelitian peserta didik bimbingan belajar dari Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtida’iyah dengan jumlah 20 anak dari kelas 1 dan 2. Instrument penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media ajar kotak huruf ajaib terhadap peningkatan belajar membaca pada siswa kelas rendah.

kata kunci : media ajar;peningkatan belajar;siswa kelas rendah

References

R. Ardiana, “Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun,†Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 20–27, 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i2.47.

T. I. Wijayanti and R. D. Utami, “Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Berbagai Metode dan Media Pembelajaran yang Bervariasi,†J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 5104–5114, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.3039.

A. Sukaryanti, M. Murjainah, and S. L. Syaflin, “Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pintar Keragaman Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sd,†J. Pendidik. Ris. dan Konseptual, vol. 7, no. 1, p. 140, 2023, doi: 10.28926/riset_konseptual.v7i1.675.

R. M. Alti et al., Media Pembelajaran. 2022.

R. Putri and Kasriman, “Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar (Smart Board) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar,†J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 4, pp. 1181–1189, 2022, doi: 10.31949/jcp.v8i4.2716.

E. Heldayani, M. Meilyana, and T. Tanzimah, “Pengaruh Media Mystery Box terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 195 Palembang,†J. Teach. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 25–32, 2022.

E. Novalina, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Magic Box Pada Anak Kelompok B Di Ra At-Taqwa Way Kanan,†pp. 1–23, 2022.

A. Yeni and S. Hartati, “Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata Di Taman Kanak-Kanak Alwidjar Padang,†J. Chem. Inf. Model., vol. 4, no. 1, pp. 608–616, 2020.

D. Lestari, R. Kurnia, and Zulkifli, “Pengembangan media kotak huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun,†J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, pp. 3066–3076, 2022, [Online]. Available: https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/ 3349%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/arti cle/download/3349/2851.

endah wahyu Sugiharti, “PENGEMBANGAN MEDIA CREATIVITY BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN,†file:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANA K_and_REMAJA_PRINT.docx, vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020.

W. Asrianti, T. Sobari, and H. Isnaini, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII-A SMPN 10 Cibinong,†Parol. (Jurnal Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 4, no. 2017, pp. 223–228, 2021, [Online]. Available: https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parol e/article/view/7056.

S. R. Saputri, “Pengaruh media magic box bottle cap (kotak ajaib tutup botol) pada kemampuan mengenal huruf abjad anak usia 5-6 tahun,†2021.

P. I. Pertiwi, H. Hasanah, and I. Kharismawati, “Pengembangan Media Permainan Kotak Ajaib dalam

Mengenal Bacaan Huruf Satu Suku Kata pada Aspek Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun,†JECIE (Journal Early Child. Incl. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 50–54, 2022, doi: 10.31537/jecie.v5i2.701.

M. Fatikhasari, “Pengembangan Media Kotak Ajaib untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP,†Bapala, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2020.

SHEILA, “PENGARUH MEDIA PERMAINAN KOTAK PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL AZHAR 7 HAJIMENA LAMPUNG SELATAN,†ה×רץ, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022.

Arulampalam dkk, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK MAMPU MEMBACA (KOMACA) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUZ ZAMAN MRAWAN MAYANG JEMBER,†J. Eng. Res., 2023.

M. Hasan, Milawati, Darodjat, H. Khairani, and T. Tahrim,

Media Pembelajaran. 2021.

Aldjufri Alwy, “pengaruh media kotak huruf terhadap peningkatan penguasaan kosa kata anak di TK Nurul

Hikmah,†Uin Alauddin Makasar, pp. 1–86, 2017, [Online]. Available: http://repositori.uin- alauddin.ac.id/1178/1/rezki.pdf?cv=1.

A. Reichenbach et al., “PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK BELAJAR AJAIB (KOBELA) PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM,†Prog. Retin. Eye Res., vol. 561, no. 3, pp. S2–S3, 2019.

J. W. Creswell and J. D. Creswell, Mixed Methods Procedures. 2018.

F. Endra, Pengantar Metodologi Penelitian. 2017.

A. Mathematics, “PENGGUNAAN MEDIA KOTAK AJAIB PADA PEMBELAJARAN PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD,†pp. 1– 23, 2016.

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles