PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGKONSTRUKSIAN VOLUME BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2263Keywords:
Desain Research, Kemampuan Spasial, Volume, RMEAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan spasial siswa sekolah dasar melalui pengkostruksian volume bangun ruang. Metode yang digunakan adalah design research terdiri dari tiga tahap, yaitu: preparing for the experiment; design experiment (Pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Penelitiaan ini mengembangkan kemampuan spaisal dalam pembelajaran bangun ruang melalui serangkaian aktivitas, prosedur, dan strategi bagi siswa dalam menemukan kemampuan berpikir melalui pendekatan Realistic Mathematic Education. Hasil penelitian ini berupa learning trajectory pada masing-masing aktivitas yaitu: 1) Aktivitas 1, siswa mengenal benda terkait dengan situasi kehidupan sehari-hari yang memiliki kapasitas atau volume kubus dan balok. 2) Aktivitas 2, siswa mampu beralih dari situasi kontekstual ke tingkat yang lebih abstrak yaitu menggambar konstruksi kubus dan balok. 3) Aktivitas 3, siswa mampu memahami struktur dan menggunakan strategi penataan ruang untuk menentukan jumlah kubus dan balok.References
Buku
Abdul, M. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya,
Agustin, M. 2017. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak Di SD. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Endrasmoyo, W. 2018. CAKRAMATEMAWIKU Inovasi Cerdas Matematika Dasar. Jakarta: INDOCAM
Hermita, N dkk. 2017. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak Di SD. Yogyakarta: CV Budi Utama
Lefudin. 2012. BELAJAR & PEMBELAJARAN Dilengkapi Model Pembelajaran, Strategi, Pendekatan, dan Metode. Yogyakarta: CV Budi Utama
Leoni, A. 2008. PSIKOTES untuk kelas 4,5,6 SD. Jakarta: Tangga Pustaka
Wahyudin, Z. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Jurnal
Ananda, R. 2018. Penerapan Pendekatan Realistics Matematics Education (RME) untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Cendekia, 2, 127-128.
Ani, A. dkk. 2017. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pena Ilmiah, Sumedang, 2, 971-973.
Dea, R. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Representasi Matematis Siswa Kelas 5 Pada Materi Bangun Ruang, Repository upi edu, 2. 3-5.
Faradhila, N. dkk. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Pokok Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 12-14.
Hartono, Y. dkk. 2013. Map As Tool To Support The Develoment Of Spatial Ability. Sea –DR Proceeding 2013, 1,95-97.
Syahputra, E. 2013. Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Cakrawala Pendidikan,3, 353-354.
Syarah, dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan Spasial dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. 9. ISSN: 1412-3617.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.