MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2427Keywords:
Menulis Puisi Teknik Akrostik Lingkungan Sekolah PTKAbstract
Masalah dalam penelitian ini siswa kesulitan menulis puisi dengan menyusun kata-kata menjadi sebuah barisan puisi yang indah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui teknik akrostik dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SDN 1 Midang Kabupaten Lombok Barat. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020 dan siklus II pada tanggal 6 Februari 2020. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik akrostik dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas sebesar 70,9 dengan ketuntasan klasikal 74% pada siklus I menjadi 75,4 dengan ketuntasan klasikal 89% pada siklus II.References
Abdiyati. 2011. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas V SDN 1 Rempung Lombok Timur Tahun Ajaran 2010/2011â€. Mataram: FKIP Universitas Mataram
Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
Suminto, dkk. 2009. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tarigan, H.G. 2011. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.