MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS V

Authors

  • Lalu Yusman SDN 1 Midang Gunungsari
  • Lindra Defita SDN 1 Midang Gunungsari

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2427

Keywords:

Menulis Puisi Teknik Akrostik Lingkungan Sekolah PTK

Abstract

Masalah dalam penelitian ini siswa kesulitan menulis puisi dengan menyusun kata-kata menjadi sebuah barisan puisi yang indah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui teknik akrostik dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SDN 1 Midang Kabupaten Lombok Barat. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020 dan siklus II pada tanggal 6 Februari 2020. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik akrostik dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas sebesar 70,9 dengan ketuntasan klasikal 74% pada siklus I menjadi 75,4 dengan ketuntasan klasikal 89% pada siklus II.

References

Abdiyati. 2011. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas V SDN 1 Rempung Lombok Timur Tahun Ajaran 2010/2011â€. Mataram: FKIP Universitas Mataram

Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Suminto, dkk. 2009. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tarigan, H.G. 2011. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles