PENGARUH BACAAN SASTRA ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN INTELEKTUAL BAHASA SISWA KELAS V SDN 1 SELONG

Authors

  • Arif Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi
  • Safrudin Jauhari Universitas Hamzanwadi
  • Nita Sugawa Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2428

Keywords:

Satra anak, Intelektual bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase hasil observasi pada kriteria sangat tinggi yaitu 95% pada kelas ekperimen dan 53% pada kelas kontrol. Hasil tes analisis uji-t-varians diperoleh thitung (3,080)> ttabel (2,000), yang berarti terdapat perbedaan hasil pemahaman dan ketertarikan siswa. Sehingga   dapat   disimpulkan   bahwa   ada   pengaruh   yang   signifikan   pada penggunaan bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa kelas V SDN 1 Selong

References

Ampera, Taufik. (2010). Pengajaran Sastra Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis Aktivitas, Bandung: Widya Padjajaran.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Peraktik. Yogyakarta: Renika Cipta.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles