PENGARUH BACAAN SASTRA ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN INTELEKTUAL BAHASA SISWA KELAS V SDN 1 SELONG
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2428Keywords:
Satra anak, Intelektual bahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase hasil observasi pada kriteria sangat tinggi yaitu 95% pada kelas ekperimen dan 53% pada kelas kontrol. Hasil tes analisis uji-t-varians diperoleh thitung (3,080)> ttabel (2,000), yang berarti terdapat perbedaan hasil pemahaman dan ketertarikan siswa. Sehingga  dapat  disimpulkan  bahwa  ada  pengaruh  yang  signifikan  pada penggunaan bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa kelas V SDN 1 SelongReferences
Ampera, Taufik. (2010). Pengajaran Sastra Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis Aktivitas, Bandung: Widya Padjajaran.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Peraktik. Yogyakarta: Renika Cipta.
Downloads
Published
2020-06-30
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.