PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PECAHAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Musabihatul Kudsiah Universitas Hamzanwadi
  • Mijahamuddin Alwi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2431

Keywords:

Media Fuzzle, Fuzzle Pecahan Pecahan matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini mengembangkan media puzzle pecahan matematika.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5tahapan yaitu: analisis kebutuhan, desain, pembuatan dan validasi produk, uji coba lapangan, dan revisi produk. Hasil  penelitian menunjukkan bahwavalidasi ahli media puzzle pecahan matematika dikategorikan “baik†dengan total skor 24 dan rata-rata 3.42  sedangkan ahli materi dalam kategori sangat baik dengan total skor 44 dan rata-rata 4.8. Hasil angket respon siswa dalam kategori “sangat baik dengan perolehan 92.2%, dari 27 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle pecahan matematika memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajan.

References

Anisah Basleman & Syamsu Mappa. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

. Sri Anitah. (2012). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Yuma Presindo.

Punaji Setyosari.2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan .Jakarta: Prenada Media Group

Eko Putro Widoyoko. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles